HKBP Distrik XXI Banten pada 27 Februari 2017, melaksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor dan Rumah Dinas Distrik. Lokasi pembangunan Kantor Distrik yang terletak di Ibukota Provinsi Banten, yaitu di Kota Serang, diharapkan mampu meningkatkan koordinasi pelayanan di tingkat Distrik dan lebih dari itu diharapkan mampu membangun komunikasi serta hubungan kerja sama kepada pemerintah provinsi, kota dan kabupaten.

“Membangun hubungan dan kerja sama yang baik dengan pemerintah adalah salah satu bagian perintah dalam Alkitab”, tegas Sintua MP Sihombing saat memberi sambutan sebagai Ketua Panitia Pembangunan, seraya mengutip Yeremia 29:7. Ia menerangkan sejarah perjalanan Distrik Banten, dimana pada 2012 telah ditetapkan dalam Sinode Distrik, saat pemekaran dan peleburan Distrik XXI Jakarta 3 menjadi Distrik XXI Banten, bahwa Kantor Distrik harus berdomisili di Serang. Hal ini disebabkan karena pusat pemerintahan provinsi terletak di Serang, dan penting membangun relasi yang baik. Terlebih pendekatan dalam upaya pembangunan rumah ibadah di wilayah Provinsi Banten.

Sejalan dengan hal tersebut, setelah empat tahun berlalu, dalam menjawab berbagai tantangan sesuai dengan kebutuhan pelayanan, Praeses HKBP Distrik XXI Banten Pdt Robert S Pandiangan MTh membentuk Panitia Pembangunan Distrik yang telah dilantik pada Ibadah Syukuran Awal Tahun Distrik XXI Banten pada 24 Januari 2017 yang lalu. Salah satu kebutuhan dan tantangan pelayanan HKBP adalah semakin meningkatnya perkembangan penduduk dan urbanisasi penduduk kota lain dalam mencari pekerjaan di wilayah Banten.

Acara ini dilaksanakan di atas tanah seluas 1000 meter milik HKBP Distrik XXI Banten, yang berlokasi di Jalan Griya Purnama, Legok, Serang-Banten. Peletakan Batu Pertama diawali oleh Praeses Distrik XXI Banten dan kemudian dilanjutkan secara simbolis penyerahan peralatan tukang kepada panitia dan kemudian kepada kontraktor sebagai tanda bahwa pekerjaan telah dimulai. Kegiatan ini juga dihadiri dan disaksikan oleh pendeta-pendeta ressort, MPS/MPSD, panitia, perwakilan warga jemaat serta Parompuan di distrik Banten, dan tidak lupa dengan pemerintah setempat, yaitu Ketua RT.

Setelah peletatakan batu pertama dilaksanakan di lokasi pertapakan, kemudian dilanjutkan dengan di HKBP Sabungan Distrik, HKBP Serang Resort Serang, Ibadah yang dipimpin oleh Pendeta HKBP Ressort Serang Pdt Manuarang Hutabarat STh sebagai pengkhotbah dan Pendeta Fungsional Distrik Pdt Daminna Lumbansiantar STh sebagai liturgis. Dalam khotbahnya dari Mazmur 33:4 “Sebab firman TUHAN itu benar, segala sesuatu dikerjakan-Nya dengan kesetiaan”, diingatkan bahwa sebenarnya Kantor dan Rumah Distrik adalah persyaratan saat membentuk Distrik. Kemudian diterangkan bahwa segala sesuatu yang dilakukan oleh Distrik melalui program dan kepanitiaan adalah baik, dan akan lebih baik jika dikerjakan dengan kesetiaan. Kalau kita dapat menikmati nyamannya beribadah saat ini, itu adalah hasil pekerjaan orangtua kita dahulu. Buah atau hasil yang kita kerjakan saat ini, akan dinikmati oleh anak dan cucu kita. Maka dari itu, mari kita kerjakan dengan kesetiaan dan cinta kasih. Mari kita menanam atau membangun bukan hanya untuk kita tetapi demi HKBP ke masa depan.

Usai ibadah acara dilanjutkan dengan Pemaparan Gambaran Pembangunan Kantor dan Rumah Dinas Distrik, serta tanya jawab dan juga menampung setiap usul dalam proses pembangunan ke depan oleh kontraktor. Direncanakan, pembangunan ini ada tiga tahap besar dimana nantinya akan ada dua unit rumah dinas Praeses dan Pelayan Fulltimer Fungsional di Distrik dan satu unit kantor dua tingkat. Akan tetapi tahun 2017 ini, sebagai tahap pertama, yang diharapkan bisa selesai Agustus tahun ini, adalah satu unit rumah dan tingkat pertama kantor serta kelengkapannya untuk bisa difungsikan sebagai tepat rapat dan pertemuan tingkat Distrik. Tahap kedua beberapa tahun ke depan adalah perluasan lahan dan lantai dua Kantor dan tahap ketiga pembangunan rumah di sebelah kiri Kantor.

Direncanakan Distrik XXI Banten akan bekerja sama dengan Persektuan Gereja-gereja di Indonesia agar kantor distrik nantinya dapat digunakan juga sebagai kantor sekretariat PGI Wilayah Banten. Hal ini dikarenakan karena HKBP Distrik XXI Banten adalah distrik yang unik, baik dalam budaya, agama dan masyarakat. Dengan bergandengan tangan bersama-sama dengan PGI Wilayah Banten, diharapkan Praeses menjadi pelopor dalam memberikan subangsih pemikiran serta opini bidang politik, membangun hubungan antara gereja, negara dan masyarakat. Namun demikian Praeses HKBP Distrik XXI Banten menyadari bahwa ini bukan hal yang mudah, tapi jika semua elemen mau saling menopang dalam doa, daya dan dana maka akan terwujud mimpi bertambahnya gereja di Provinsi Banten. Sebelum mengahiri kegiatan ini, harapan Praeses kiranya proses pembangunan ini mendapat dukungan dari semua warga dan majelis Jemaat, termasuk dari lembaga pemerintahan melalui upaya  yang akan digalang oleh Panitia. RSP/JBB