Seiring dengan Pembekalan Praeses, Ibu-ibu Istri Praeses dan Suami dari Ibu Praeses di hari pertama pembukaan juga ikut ambil bagian dengan mengadakan sharing bersama Ompu Boru dan Inang Sekjend. Dalam sharing ini para Istri Praeses dan Suami Praeses menyampaikan pengalaman dan pergumulan mereka selama mendampingi Suami/Istri dalam melayani mulai dari sebelum menjadi Praeses. Banyak pengalaman dan pergumulan yang telah dijalani, namun yang pasti, Tuhan itu baik dan selalu memberikan kekuatan, keteguhan dan Dia tidak pernah meningalkan hambaNya dan keluarga hambaNya. Dari semua pengalaman dan sharing masing-masing, semakin menguatkan dan meneguhkan serta menyemangati para Istri/Suami Praeses dalam mendukung pelayanan. Ompu Boru mengungkapkan bahwa “Pimpinan dan Praeses yang terpilih adalah orang-orang yang memiliki kelebihan. Demikian juga para Istri/Suami Pimpinan dan Praeses, pasti juga memiliki kelebihan. Untuk mengangkat kelebihan itulah kami sharing. Istri itu juga menjadi tiang doa dan penopang dikepemimpinan Suami/Istri itu baik pemimpin Pusat ataupun pemimpin Distrik. Kami juga membicarakan apa-apa saja yang bisa kami perbuat sebagai pendamping, juga etiket tata cara berbicara dan bagaimana kita membantu pelayanan pelayanan amang Praeses, bagaimana kita menempatkan diri kita sebagai ibu rohani bagi ibu-ibu pendeta, bagi jemaat”

Inang Sekjen juga menambahkan bahwa “Selain mendampingi suami, istri Praeses juga mendampingi ibu-ibu PPD, jikalau belum ada PPD di tiap Distrik, akan membentuk PPD dan kita sudah membuat Group WA agar kita dapat saling berbagi antar distrik. Nantinya melalui Distik yang dihunjuk mensubside pembinaan berikutnya. Tentu sekali ibu-ibu Praeses harus mengetahui bahwa mereka adalah istri pimpinan di Distrik mereka. Kita mau mendengar perguman ibu-ibu Praeses karena kita tidak tahu apa pergumulan mereka masing-masing”.

Diakhir pemberdayaan Praeses dan Keluarga, Punguan Ibu-Ibu Pendeta HKBP Distrik VIII DKI dengan penuh sukacita memberikan cendramata kepada Ibu-ibu Pimpinan dan Ibu-Ibu Istri Praeses yang mengikuti Pemberdayaan Praeses dan Keluarga. Cendramata disampaikan Inang Praeses Pdt. Midian KH Sirait, MTh br Lumbangaol secara simbolik ke Ompu Boru, Inang Sekjend dan mewakili Inang Praeses. Tuhan memberkati Punguan Ibu-ibu Pendeta HKBP Distrik VIII DKI Jakarta. arth-biro informasi.