Di hari ketiga  Pemberdayaan Praeses HKBP dan keluarga, Kamis (9/3), Pemberdayaan Praeses diawali dengan Ibadah Pagi yang dipimpin oleh Pdt. Mangatur Manurung, S.Th sebagai Liturgis, Pdt. Tumpak Siahaan, S.Th membawakan Doa Syafaat dan Pdt. Banner Siburian, M.Th sebagai Pengkotbah. Dalam kotbahnya yang diambil dari 2 Tesalonika 3:3 memaparkan bahwa jemaat Tesalonika terkenal dengan kebaikan jemaatnya. Rasul Paulus sangat simpatik kepada terhadap jemaat Tesalonika ini. Rasul Paulus meminta jemaat berdoa untuk kemajuan pelayanan pemberitaan Firman Tuhan dan meminta jemaat Tesalonika berdoa untk melepaskan kekacauan yang ada dalam Pemberitaan Injil. Sebagai Refleksi: 1. Tuhan adalah setia. Untuk itu kita diajak untuk takut dan taat kepada Tuhan walaupun tugas berat tapi tetap setia. Kesetiaan terbukti disaat kita setia menghadapi gelombang kehidupan.  2. Tuhan akan menguatkan hatimu. 3. Tuhan memelihara kamu dari yang jahat.

Usai Ibadah, acara dilanjutkan dengan Sidang V: Diskusi Kelompok. Kelompok dibagi dalam 3 Kelompok, dimana tiap Kelompok membahas Pokok Bahasan masing-masing yang berhubungan dengan hasil Rapat MPS dan AP yang bersifat membangun spiritualitas.

Diruangan pertemuan yang lain juga, Ibu-ibu Istri Praeses dan Bapak-bapak suami Praeses juga tetap melakukan pertemuan sharing Membangun Spiritualitas yang dipimpin oleh Ompu Boru dan Inang Skretaris Jenderal. arth-biro informasi.