SIBORONGBORONG, www.hkbp.or.id – Bertempat di Perkampungan Pemuda HKBP, Jetun Silangit, Siborongborong kegiatan Training of Trainers Guru Sekolah Minggu HKBP Wilayah II dibuka resmi oleh Ompu i Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing di dalam nama Allah Bapa, Anak-Nya Tuhan Yesus Kristus dan Roh Kudus pada Rabu (15/3). Ibadah pembukaan dilayani oleh Kepala Departemen Koinonia Pdt Dr Martongo Sitinjak sebagai pengkhotbah dan Kepala Biro Pembinaan Pdt Darwin Sihombing STh.

Mengutip Markus 10 : 14-16, Pendeta Martongo menekankan status dan peran anak di dalam keluarga dan gereja. Anak memerlukan perhatian lebih di masa pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua dan GSM memiliki peran di masa pertumbuhan mereka, karenanya, tidak dapat dipandang sebelah mata terhadap akses pendidikan spiritual terhadap anak.

Lebih lanjut, ia menekankan berkali-kali seorang anak bukanlah penerus gereja, melainkan pemilik gereja itu sendiri. Menyandangkan status penerus, seolah menjadikan anak kecil belum sepenuhnya bahagian dari gereja. Hal ini yang sering kali membuat pelayanan Sekolah Minggu agak dibelakangkan. “Tuhan Yesus sendiri menegaskan di hadapan murid-murid-Nya bahwa anak kecil itulah yang empunya Kerajaan Allah,” ujarnya mengutip nas.

Pandangan teologis ini pun memengaruhi pola pikir setiap orang untuk memahami seorang anak. “Dalam dunia filosofi dikatakan, anak kecil itu seperti kertas putih yang masih kosong, yang kemudian dibentuk dengan mengisi kertas kosong tersebut. Tetapi, firman Tuhan mengatakan, barangsiapa yang ingin masuk ke dalam Kerajaan Allah, baiklah ia menyambutnya seperti anak kecil,” tukasnya.

Terakhir, ia menekankan juga, seperti yang tertulis pada ayat keenambelas, yakni memberkati anak-anak. Ia melontarkan pertanyaan kepada para peserta yang memberkati anak-anaknya setiap pagi. “Seorang anak perlu didoakan setiap hari dan diberkati sehingga di dalam perkembangannya selalu mendapatkan banyak hal positif dari orang tuanya dan untuk ditiru,” ujarnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen Koinonia melalui Biro Pembinaan ini akan berlangsung selama 15-20 Maret 2017. Adapun tujuh distrik yang meliputi wilayah II, yakni Distrik V Sumatera Timur, X Medan-Aceh, XIII Asahan Labuhan Batu, XIV Tebing Tinggi, XXIII Binjai Langkat, XXIV Tanah Jawa dan XXIX Deli Serdang. Para peserta terdiri atas praeses masing-masing distrik dan pendeta. dm/ biro informasi