Minggu Letare (26/3), Kepala Departemen Koinonia Pdt Dr Martongo Sitinjak menyampaikan firman Tuhan di HKBP Pagaran Nauli Ressort Medan Millenium pada pukul 08.30 wib. Ibadah pagi di gereja ini jemaat yang hadir lebih banyak dari kalangan remaja dan pemuda. Turut mendampingi ibu Pdt Basa Br Hutabarat Mmin.

Dalam khotbahnya yang dikutip dari 1 Samuel 16:1-13, Pdt Dr Martongo Sintinjak mengajak para jemaat untuk memiliki hati yang tulus, jujur, dan murni karena hal itu mencerminkan siapa diri manusia di hadapan Tuhan. “Seperti firman Tuhan hari ini dikatakan, Tuhan menolak ketujuh anak Isai untuk menjadi raja, kemudian Samuel berkata kepada Isai, inikah anakmu semuanya? Lalu jawabnya, masih tinggal yang bungsu, tetapi sedang mengembalakan kambing domba,” ucapnya menirukan yang tertulis di dalam Alkitab.

Ia melanjutkannya lagi, lalu samuel menyuruh Isai untuk memanggil dia, lalu dilihat ia kemerah-merahan, matanya indah, dan parasnya elok. Tuhan berfirman, bangkitlah dan urapilah dia. Kemudian, Samuel mengambil minyak dan mengurapi Daud di depan saudara saudaranya.

Melalui nas yang dibacanya itu, ia menekankan Tuhan mau mengajak setiap orang memiliki hati yang murni, tulus, jujur, suci seperti hamba-Nya Daud sehingga ia dipilih Allah menjadi raja. Ia memaralelkannya dengan ucapan Yesus di dalam Matius 5:8, berbahagialah orang yang suci hatinya karena mereka akan melihat Allah.

Penulis : CPdt Togu Nababan

Editor : Arth, dm / biro informasi