Senin (3/4), Kepala Departemen Koinonia Pdt Dr Martongo Sitinjak di dampingi Praeses GKPS Pdt Jonesman Saragih STh MM, memberiakan Pembinaan Pelayan Full Timer GKPS Distrik III di wisma Tugulan GKPS Gloria di Haranggaol. Pembinaan ini mengambil Tema: “Spritualitas Pelayan Tuhan”. Pembinaan Pelayan Fulltimer ini di ikuti oleh 60 orang yang terdiri dari Pendeta, Biblevrow, Vikar (Calon Pendeta).

Dalam pembinaan Pelayan full timer GKPS Kadep Koinonia menjelaskan manfaat hidup dalam Firman Allah yaitu:
1. Firman Tuhan bekerja
2. Kekuatan Firman Tuhan
3. Tahapan mendengar Firman Tuhan
4. Mendengar Firman dengan benar
5. Fungsi Firman Allah
6. Inti firman Allah
7. Manusia dalam inti Firman Allah
8. Hidup dalam Roh

Dijelaskan bagimana Firman Tuhan bekerja. Dalam yesaya 55:10-11, sebelum kita memahami bahwa orang percaya harus menjadi pelaku firman Tuhan (Yak. 2:14), maka yang pertama harus diketahui adalah bahwa Firman Tuhan itu bekerja. Oleh karena Firman Tuhan itu bekerja maka setiap orang berdiam dalam Firman Tuhan menjadi bekerja.
Pdt. Dr. Martongo juga menjelaskan bagaimana kekuatan Firman Tuhan. Dikatakan kekuatan Firman Tuhan nyata dalam diri orang percaya yang oleh karena Firman itu melakukan sesuatu dalam diri orang percaya dan dampaknya ialah orang percaya itu akan melakukan berdasarkan apa yang dilakukan oleh Firman itu.

Selanjutnya tahapan mendengar Firman Tuhan, ada empat yang di sampaikan mengenai tahapan mendengar Firman Tuhan yaitu
1. Mendengar, mengetahui informasinya.
2. Mendengar dan menyelidiki.
3. Mendengar, merenungkan dan meditasi
4. Mendengar dan melakukan dan membuat Firman itu menjadi milik kita sendiri.

Dalam sesi terakhirnya Pdt. Dr. Martongo Sitinjak mengatakan ketika kita sudah memberikan hati untuk melayaninya, percayala Tuhan pasti akan menolong kita. Dan yang paling utama adalah ketika bapak ibu mau menyampaikan Firman maka saya mengajak untuk kita semua terlebih dahulu melakukan persiapan yang sungguh sungguh dan meminta Roh Tuhan memimpin kita dalam menyampaikan Firman Tuhan. Horas HKBP, Horas GKPS, Horas Indonesia. (tn)