Rabu (5/4), Pukul 19.30 Wib Kepala Departemen Koinonia Pdt. Dr. Martongo Sitinjak didampingi Kabiro Oikumene Pdt. Samuel Sitompul, Kabiro Pembinaan Pdt. Darwin Sihombing, Kabiro SMiRNa Pdt. Morhan Doloksaribu, resmi membuka Training of Trainers (ToT) Guru Sekolah Minggu HKBP Regional III di Ishine Hotel Jl. Jend. Sudirman No 158 Pekanbaru-Riau.

Training of Trainers ini di ikuti enam Distrik yaitu: Distrik XXII Riau, Distrik XXV Jambi, Distrik XXX Riau Pesisir, Distrik XXVI Labuhan Batu, Distrik XV Sumbagsel, Distrik XX Kepulauan Riau. ToT akan berlangsung selama 6 hari yang di mulai hari ini 5-10 April 2017. Diawali dengan Ibadah pembukaan yang di layani oleh Pdt. Darwin Sihombing Sebagai Pengkhotbah dan Pdt. Rustam Tambunan sebagai Liturgis. Turut hadir beberapa Praeses yaitu: 1. Pdt. Mangatur Manurung (Praeses Sumbagsel), 2. Pdt. Jefrin Sipahutar (Praeses Distrik Riau Pesisir), 3. Pdt. Binsar Siahaan (Praeses Distrik Labuhan Batu), 4. Pdt. Robert Silaban (Praeses Distrik Riau), 5. Pdt. Kardi Simanjuntak (Praeses Kepri), 6. Pdt. Hantus Hutapea (Praeses Jambi).

Dalam sambutannya Praeses Riau Pdt. Robert Silaban (Tuan Rumah) menyampaikan selamat datang kepada Pimpinan HKBP Pdt. Dr. Martongo Sitinjak, dan seluruh rombongan yang datang dari Kantor pusat HKBP kepada seluruh peserta ToT yang sudah hadir hari ini, maupun yang masih dalam perjalanan. Kiranya kita semua yang mengikuti ToT ini berkenan mengikutinya dengan serius.Beliau juga mengatakan bahwa anak-anak di gereja kita itu masing masing merupakan harta HKBP, dan masa depan gereja kita.

Dilanjutkan Kadep Koinonia dalam bimbingannya menyampaikan tujuan mengikuti ToT ini adalah ingin meningkatkan kesadaran tugas panggilan dalam pelayanan kategorial Sekolah minggu, kemudian mempelajari dan memperdalam ilmu Pendidikan Agama Kristen terhadap anak dan menghidupkan HKBP yang mereformasi diri dengan menyegarkan dokumen HKBP melalui BE, Konfessi, Kathekismus Martin Luther, AP, dan buku panduan sekolah minggu. Selanjutnya kadep koinonia juga mengatakan yang lebih penting mengikuti ToT ini ialah ingin melahirkan Trainers (Pelatih) bagi pengajar Sekolah Minggu yang ada dihuria dari setiap Distrik, dan yang terakhir memiliki dedikasi, integritas, kemampuan dan keterampilan dalam mendidik Anak Sekolah Minggu dengan bahan ajar dari dokumen HKBP.

Horas HKBP, Horas Wilayah III, horas indonesia. (tn)