Kamis (13/4) Ompu i Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing bersama Ompu Boru M Br Siahaan bertemu dengan St Sariaty PR Siregar Br Pardede bersama Palti Raja Siregar di Villa Rumah Sakit Herna, Medan. Turut hadir Praeses HKBP Distrik I Tapanuli Bagian Selatan Pdt Horas Purba STh, Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh Pdt Sunggul Sirait STh MM, Pendeta HKBP Ressort Sumatera Barat Pdt Victor Ambarita STh, Pendeta HKBP TD Pardede Muara Padang Pdt Seventriani Br Simanjuntak STh, beberapa jemaat HKBP Muara Padang, Pendeta HKBP Ressort Pertekstilan TD Pardede Pdt Bernard Pasaribu MMin, Pdt Indra Pratama Manurung STh (Pendeta Fungsional HKBP Pertekstilan), dan Diakones Tiramayana Sitinjak.

Pertemuan ini dalam rangka membicarakan status tanah di mana HKBP TD Pradede Muara Padang berdiri selama 21 tahun hingga saat ini. Sesuai dengan penjelasan Praeses HKBP Distrik I Tabagsel, sudah sekitar 10 tahun masalah tanah ini tidak terselesaikan dengan baik, namun sekitar sebulan yang lalu ada seorang pengacara yang mengaku dari pihak keluarga memberikan informasi kalau lokasi tanah tersebut akan dijual dengan harga mencapai enam milyar. Informasi yang diterima HKBP TD Pardede Muara Padang tersebut mengakibatkan keresahan seluruh jemaat, pelayan, dan penatua untuk melangsungkan ibadah. Hal ini diakibatkan kekuatiran akan kemampuan gereja membeli tanah dan sewaktu-waktu yang dimungkinkan untuk dibeli oleh orang lain. Kekuatiran ini tentunya muncul dikarenakan menyangkut keberlangsungkan ibadah di gereja itu.

Atas informasi yang diterima oleh gereja, maka Pdt Seventriani Br Simanjuntak menyampaikan informasi tersebut kepada Praeses Pdt Horas Purba, yang kemudian berkoordinasi dengan pimpinan HKBP. Memang awalnya direncanakan pertemuan tersebut pada 7 April 2017 yang lalu, namun dikarenakan terbenturnya dengan jadwal ephorus, untuk itulah pertemuan diundurkan menjadi 13 April 2017 sepulangnya Ompu i Ephorus menghadiri Seminar Ekklesiologi HKBP Wilayah III di Pekanbaru.

Pertemuan yang berlangsung sejak pukul 17.00 WIB itu berlangsung dengan kehangatan dan sukacita. Atas sukacita St Ny Sariaty PR Siregar Br Pardede dengan kunjungan Ompu i Ephorus bersama Ompu Boru dan para pelayan, maka wacana HKBP TD Pardede Muara Padang langsung dibicarakan dan dijelaskannya.

Dalam penjelasannya, ia mengatakan, keluarga TD Pardede tidak ada pernah punya niat untuk menjual tanah di Muara Padang. “Kami sejak awal sudah sepakat kalau tanah di sana diserahkan kepada gereja, HKBP, dan tidak ada yang bisa mengganggu gugat pernyataan itu,” ujarnya.

Ia menuturkan, kalau bagi mereka asalkan tetap menggunakan nama keluarga besar. “Yang penting bagi kami adalah gereja HKBP disana tetap memakai nama TD Pardede. Jadi, sampaikan saja salam kami kepada seluruh jemaat dan penatua kalau gereja itu tidak akan diganggu. Ndang adong sangkapnami manggadis i, ala ahu do na mangaturhon tano i, jala tabahen ma langsung surat pernyataan asa adong sitioponmuna di gereja HKBP TD Pardede Muara Padang. Unang pola mabiar hamu di angka barita na so pasti i. Las do rohanami molo i dipangke gereja, jala hami pe HKBP do sian na jolo. Na ringkot tetap hita adong komunikasi na denggan, unang adong parsalisian”, demikian kutipan singkat penjelasannya.

Menyambut pernyataan itu, Ompu i Ephorus langsung menyampaikan terima kasih dan memberikan penjelasan kepada seluruh rombongan agar segera dibuat surat pernyataan tertanda oleh Ibu Sariaty agar tidak ada masalah ke depannya. Dalam kesempatan ini, Ompu i Ephorus menyampaikan, atas nama HKBP, Ompu i Ephorus menyampaikan terima kasih kepada keluarga TD Pardede yang diwakilkan oleh St Sariaty Pardede dan Palti Raja Siregar.

Perhatian sejak dulu hingga sekarang membuktikan kalau keluarga tetap mencintai HKBP dan itu tidak terlepaskan. Perhatian yang diberikan keluarga sehingga banyak jemaat yang memperoleh pekerjaan, demikian dukungan untuk mengadakan ibadah di gereja, dan berbagai dukungan dalam kegiatan-kegiatan HKBP hingga saat ini, tentu itu tidaklah bisa dibalaskan dengan materi namun, HKBP akan mendoakan keluarga untuk diberikan kesehatan dan sukacita lainnya.

Perhatian ini tentu juga menjadi contoh dan motivasi bagi banyak jemaat untuk memberikan perhatian dan dukungan kepada gerejanya. Demikian halnya dengan para pelayan di HKBP TD Pardede Pertekstilan yang dipimpin oleh Pdt Bernard Pasaribu MMin yang membantu memfasilitasi untuk pertemuan sehingga yang diharapkan bisa berjalan dengan baik.

Ompui juga menghimbau kepada seluruh penatua dan jemaat HKBP TD Pardede Muara Padang agar tetap membawakan keluarga besar TD Pardede di dalam doa dan mendukung kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh St Ny Sariaty PR Siregar Br Pardede bersama keluarga. Demikian juga alangkah baiknya menjalin komunikasi baik dengan berbagai pihak. Ompu i Ephorus juga menitipkan salam kepada utusan untuk seluruh jemaat di Muara Padang.

Pertemuan ini tentunya berdampak baik dan menghilangkan kerisauan jemaat akan adanya orang lain yang menyampaikan informasi yang tidak benar. Mengenai Surat Pernyataan tersebut, akan disimpan dengan baik sebagai dokumen resmi gereja. Demikian fotokopi untuk pertinggal Kantor Pusat HKBP. Dalam kesempatan ini, Ompu i Ephorus juga menjelaskan kedekatan komunikasi keluarga pardede dengan banyak pelayan HKBP.

Surat Pernyataan yang telah dibuat secara resmi dan ditandatangani oleh Pimpinan HKBP, St Ny Sariaty PR Siregar Br Pardede, Pimpinan Jemaat HKBP TD Pardede Muara Padang, Pendeta Ressort Sumatera Barat, utusan jemaat, Palti Raja Siregar, dan lainnya sebagai saksi. Surat Pernyataan ini berisikan pernyataan beliau sebagai jaminan tentang tanah dimana gereja HKBP TD Pardede Muara Padang berdiri bisa melaksanakan program pelayanan dan kesaksian dalam kehidupan berjemaat.

Atas sukacita tersebut, kegiatan pun dilanjutkan dengan makan malam bersama di Hotel Danau Toba Internasional. Setiap percakapan berlangsung dengan baik dan terarah serta penuh kekeluargaan. Bahkan, St Ny Sariaty PR Siregar Br Pardede menjelaskan bagaimana kedekatannya dengan Ompu i Ephorus yang sudah terjalin lama. Tentu kesempatan pertemuan ini bukan sekedar kenal saja melainkan meneruskan komunikasi yang sudah terjalin dengan baik antara HKBP dengan keluarga Pardede, khususnya dalam menjawab pergumulan gereja HKBP TD Pardede Muara Padang.

Penulis : Pdt. Alter Pernando Siahaan

Editor : dm