Praeses HKBP Distrik I Tabagsel-Sumbar Pdt Horas Yun Morgan Purba MTh melakukan rapat evaluasi bersama seluruh anggota Majelis Pekerja Sinode Distrik (MPSD) terhadap setiap program distrik yang sudah berjalan dan mematangkan langkah bagi program yang akan dijalankan. Rapat evaluasi MPSD ini berlangsung di gedung lantai II kantor distrik, yang beralamat di Jalan Beringin No 1 Kota Padangsidempuan, dan dihadiri 18 orang pada Rabu (25/7). Adapun anggota MPSD meliputi Kepala Bidang Koinonia, Kepala Bidang Marturia, Kepala Bidang Diakonia, Sekretaris Distrik, Bendahara Distrik, utusan Pemuda, dan staf informasi dan database distrik.

Horas Purba dalam kata sambutannya menyampaikan pencapaian yang telah dilakukan dan yang telah diimplementasikan dalam satu semester di tingkat jemaat, ressort, distrik dan Kantor Pusat HKBP. Ia juga memaparkan program lanjutan yang belum dilaksanakan hingga akhir tahun 2018 ini.

Adapun program  pencapaian yang telah dilaksanakan di Distrik I, setelah Launching Orientasi Tahun Kesehatan HKBP di Awal tahun lalu, yaitu; pelaksanaan pelayanan kesehatan dan bakti sosial pengobatan gratis yang bekerja sama dengan Departemen Diakonia HKBP dan Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) di semua ressort , kolekte serentak untuk syukuran universitas HKBP Nommensen (UHN) Pematang Siantar pada 25 Februari 2018, penjemaataan dan traning kurikulum sekolah minggu HKBP di jetun Silangit yang diikuti utusan distrik pada 20 – 23 Maret 2018, pembekalan calon pelayan oleh praeses pada 16 Maret 2018 , sosialisasi Tim Aset HKBP ke distrik bersama Biro Hukum HKBP dan Sekretaris Aset HKBP, diskusi panel 100 tahun HKBP pasca Dr IL Nommensen yang dihadiri langsung Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing, Kepala Departemen  Koinonia Pdt Dr Martongo Sitinjak dan Kepala Departemen Marturia Pdt Dr Anna Vera Pangaribuan pada 18 Mei 2018 Di HKBP Sipirok, pelaksanaan peletakan batu pertama revitalisasi rumah misionaris di HKBP Sipirok yang dipimpin Kepala Departemen Diakonia Pdt Debora Purada Sinaga MTh pada 20 Mei 2018 , mengikuti Jambore Anak Sekolah Minggu di Jetun Silangit 13 – 16 Juni 2018, pelaksanaan sinode distrik, pembahasan draft Aturan Peraturan HKBP Amandemen III pada 20 Juni 2018, menghadiri Konsultasi Nasional HKBP di Sopo Marpingkir HKBP Jakarta pada 10 – 11 Juli 2018.

Program yang akan dilaksanakan, yaitu: dana pensiun tanggungan distrik yang harus lunas sebanyak Rp. 213.078.197,- (sumber: Biro Urusan Dana Pensiun HKBP) di tahun 2018 ini diharapkan supaya dapat dilaksanakan pelunasannya walaupun secara bertahap, kontribusi dari distrik untuk Pembangunan SOPO NOMMENSEN sebanyak Rp. 126.350.000,- (sumber: Bendahara Umum HKBP).

Sesuai dengan kesepakatan dalam rapat, 50 persen hasil dari Pesta Puncak Orientasi Kesehatan Distrik I Tabagsel – Sumbar pada 9 September 2018 yang akan datang diberikan dikontribusikan untuk Pembangunan SOPO NOMMENSEN. Sisa dari kontribusi tersebut akan dibebankan ke ressort masing-masing secara proporsional. Penyetoran Pelean II Na Marboho HKBP Distrik I 40, 90 persen atau sebanyak Rp. 418.862.750 (Sumber dari Anggota MPSD Pdt Maruli Siregar STh pada rapat Komisi Keuangan 25 – 26 Juli 2018) dan akan segera ditingkatkan pencapaiannya hingga akhir tahun nantinya. Keseluruhan program di atas tidak terlepas dari peranan anggota MPSD yang tetap mendukung program dan putusan baik di tingkat huria, ressort, distrik dan tingkat pusat. (MS)