Ompui Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing melantik Pdt Abednego Sitompul MTh menjadi Pejabat Praeses Distrik Medan Utara

MEDAN, www.hkbp.or.id – Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing meresmikan distrik baru dalam pengembangan pelayanan HKBP, yaitu Distrik XXXI Medan Utara di gereja induk distrik HKBP Griya Martubung pada Minggu (17/6/2018). Distrik ini merupakan pemekaran dari wilayah pelayanan Distrik X Medan-Aceh. Ada 14 ressort yang sebelumnya berada dalam wilayah pelayanan Distrik Medan-Aceh, kini berada dalam wilayah pelayanan Distrik Medan Utara yang dipimpin oleh Pejabat Praeses Pdt Abednego Sitompul MTh.

Perjalanan pengembangan pelayanan untuk menjadi distrik yang baru cukup panjang memakan waktu bertahun-tahun. Ketua Panitia Persiapan Distrik Medan Utara dan Ketua Peresmian Distrik, Sabam Manalu SE, menerangkan awalnya persiapan untuk mendirikan distrik ini sudah digagas sejak masa Praeses Pdt Kardi Simanjuntak namun stagnan dalam usaha persiapannya yang diserahkan kepada salah satu gereja ressort yang ada di Medan.

Ketua Persiapan Distrik Medan Utara dan Peresmian Distrik, Sabam Manalu SE, dan istri R Br Sitompul

Sejak Juni 2016, dibuat SK baru untuk memandatkan HKBP Griya Martubung mempersiapkan distrik ini dan menghunjuk salah seorang warga jemaat, Sabam Manalu, untuk menjadi ketua panitianya. Kerja sama tim dan majelis jemaat membuahkan hasil hingga dapat mempersiapkan distrik baru dan telah diverifikasi oleh Kantor Pusat HKBP.

Ibadah peresmian dilayani oleh Praeses Distrik Medan Aceh Pdt Sunggul Sirait STh MM sebagai liturgis dan Ephorus Pdt Darwin Lumbantobing sebagai pengkhotbah. Dalam khotbahnya yang didasarkan pada kitab 2 Petrus 3: 1-13, Ephorus mengatakan, hanya sementara masa manusia di dunia ini. Karenanya, ia menekankan supaya iman kepercayaan dan pengharapan tidak bergeser dan hilang. Tapi, tetap berkarya, berdoa dan melayani Tuhan.

Dalam pengembangan pelayanan kepada Tuhan di dalam gereja, HKBP pada saat ini mengembangkan pelayanannya melalui pendirian distrik baru, Medan Utara, di dalam perkenanan Tuhan, ujar Ephorus.

Seusai khotbah, Ephorus melantik Pdt Abednego Sitompul, didampingi isti Br Lubis, sebagai pejabat Praeses HKBP Distrik Medan Utara. Dalam kata sambutannya, Pdt Sunggul Sirait menyatakan ucapan selamat kepada seluruh warga jemaat HKBP Distrik Medan Utara atas pengembangan pelayanan ini.

Pdt Abednego dalam kata sambutannya menyatakan segala usaha persiapan peresmian distrik ini merupakan bukti kasih Tuhan yang besar kepada jemaatNya. Banyak yang memprediksikan, panitia persiapan yang baru ini akan mengalami kebuntuan seperti panitia sebelumnya yang telah lama dibentuk. Ternyata Tuhan memiliki kehendak lain, di tahun 2018 ini Ia menyatakan kuasaNya di hadapan jemaatNya.

Gamaliel Siregar mewakili warga jemaat memberikan kata sambutan dengan menekankan, pekerjaan persiapan distrik ini bukan pekerjaan manusia biasa, tapi perbuatan Tuhan yang besar atas berdirinya Distrik Medan Utara. “Memang kami masih kecil dan muda sebagai distrik, tapi kami menyerahkan semuanya kepada Tuhan,” tuturnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Ephorus HKBP yang telah meresmikan distrik ini dan melantik praeses untuk memimpin distrik ini. Mengakhiri kata sambutannya, ia mengajak warga jemaat untuk turut mendukung dan mendoakan segala kegiatan pengembangan pelayanan yang dilakukan melalui distrik ini supaya tetap menjadi berkat bagi banyak orang. Ia juga mengajak warga berdoa supaya Pdt Abednego menjadi berkat dalam memimpin distrik ini.

Pembangunan rumah dinas distrik telah dilaksanakan dalam dua tingkat. Tingkat bawah rumah dinas praeses yang telah rampung dan siap dihuni oleh keluarga praeses. Tingkat atas sudah 90 persen rampung sebagai ruang kantor distrik.

Sebelum ibadah dimulai, Ephorus meresmikan rumah dinas distrik dan menandatangani prasasti. Ompuboru M Siahaan didaulat melakukan pengguntingan pita memasuki rumah dinas. Sesampainya rombongan prosesi berjalan sambil diiringi musik oleh anak-anak sekolah minggu di depan gerbang gereja, remaja HKBP Griya Martubung mengalungkan bunga dan memberikan bunga pangku. Pelepasan burung merpati dilakukan oleh rombongan prosesi sebagai simbol pembawa perdamaian dan berkat bagi orang-orang di sekitar gereja dan dunia.

Turut hadir Ompuboru M Siahaan, Praeses Pdt Sunggul Sirait dan istri, pelayan penuh waktu di Distrik Medan-Aceh, Ketua Rapat Pendeta HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar dan istri, Praeses Deli Serdang Pdt Hercules Sihotang MTh dan istri Br Manalu, Praeses Distrik Tanah Jawa Pdt Dessy Hutasoit STh, Praeses Distrik Toba Hasundutan Pdt Donda Simanjutak STh, Praeses Tanah Alas Pdt Renova Sitorus, Praeses Dairi Pdt Winner Sitorus STh, Kabiro Personalia Pdt Josmar Sinaga STh, Kabiro Jemaat Pdt Ebsan Hutabarat, Kabiro Perencanaan Pdt Sobok Simanjuntak STh MM, Kabiro Informasi Pdt Arthur Lumbantobing STh, Kabiro Hukum Pdt Betty Sihombing STh SH, Wakabiro Jemaat Pdt Daslan Rajagukguk MTh, Wakabiro Informasi Pdt Yudhi Simangunsong MTh. Biro Informasi (DM)