Ompu i Ephorus HKBP dan Ompu Boru didampingi Para Kabiro dan Wakabiro serta Staff kunjungi korban Tragedi Kebakaran Dolok Sanggul

Ompu i Ephorus HKBP dan Ompu Boru didampingi Praeses HKBP Distrik III Humbang Pdt. Julson Pasaribu, S.Th, Kabiro Jemaat Pdt. Ebsan Hutabarat, M.Th, Kabiro Pembinaan Pdt. Darwin Sihombing, S.Th, Kabiro Lansia Pdt. Jahor Purba, S.Th, Wakabiro Jemaat Pdt. Daslan Rajagukguk, S.Th, Kabag Biro Personalia Pdt. Tommi Tampubolon, S.Th, Staff Pdt. Alter Pernando Siahaan, S.Th, Pdt. Anju Saragih, S.Th, dan Pegawai Kantor Pusat, mengunjungi dan memberikan bantuan sosial kepada korban tragedi kebakaran Dolok Sanggul pada Kamis (30/8).

Kunjungan ini berawal dari acara Syukuran Ulang Tahun ke – 62 Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing yang diadakan di Pearaja – Tarutung. Rencana ini disampaikan oleh Ompu Boru M. Br. Siahaan mengingat tragedi kebakaran tersebut yang merugikan banyak warga, kemudian disampaikan Ompu Boru dalam acara ulang tahun tersebut kepada seluruh undangan dan disambut sukacita. Secara spontanitas, keluarga Ompu i Ephorus baik dari Anak dan Boru turut memberikan sumbangan spontanitas yang juga didukung oleh beberapa jemaat. Sejak awal memang diharapkan supaya perwakilan korban datang ke acar Syukuran Ulang Tahun tersebut, namun tidak dapat hadir dikarenakan juga di waktu yang sama para korban sedang menerima bantuan di Posko Kantor Camat.

Setibanya rombongan Ompu i di Posko Bantuan Sosial untuk para korban di Kantor Camat, Ompu i Ephorus HKBP bersama rombongan disambut oleh Praeses HKBP Distrik III Humbang Pdt. Julson Pasaribu, S.Th dan Pdt. Anju Saragih, S.Th, beserta Kepala Camat Dolok Sanggul Pardomuan Manullang, M.Pd dan Lurah memasuki kantor camat tersebut. Sembari menunggu perwakilan para korban, Ompu i Ephorus HKBP bertanya menyangkut kondisi terkini para korban dan sebab muasal kekabaran. Pihak Posko yang dipimpin bapak Camat pun menerangkan dengan detail kronologi kejadian hingga kondisi terkini para korban.

Kebakaran Rumah Warga ini terjadi 14 Agustus 2018 sekitar Pkl. 15.30 Wib di Jln. Melanton Siregar dan Jln. Siliwangi Kota Dolok Sanggul ini tanpa ada korban jiwa, namun dengan mengepulnya asap ke udara sekilas menampakkan api yang menyambar rumah – rumah lainnya. Ada 21 bangunan (7 Unit di Jln. Siliwangi, dan 14 Unit di Jln. Melanton Siregar) diantaranya rumah, toko, kantor partai, Loket Bus CKB. Pada saat kejadian kebakaran ini, juga terjadi kebakaran di tiga tempat yaitu kebakaran lahan di Pollung, Bakti Raja, dan Muara, ujar Kepala Camat Pardomuan Manullang.

Para Korban dibagi menjadi empat bagian diantaranya, Yang Habis Terbakar, Terbakar Sebagian, Dampak Kekabaran, dan Sedikit Kebakaran. Mata Pencaharian para korban ini sehari – harinya diantara “partiga – tiga, parsalon, parpupuk, parkode makan, parloket”, dan lainnya, ujar Kepala BPBND Tumbur Hutagaol. Perwakilan para korban sendiri langsung dijemput oleh Lurah O. Pahusip untuk bertemu dan bertatap muka dengan Ephorus HKBP bersama rombongan.

 

Ephorus HKBP menjelaskan sempat menurut info kalau bantuan pemadam kebakaran lama tiba, rupanya dikarenakan sedang bertugas untuk memadamkan kebakaran di tempat lain. Ompu i Ephorus juga menjelaskan kalau kehadiran HKBP untuk memberikan perhatian terhadap kejadian ini sudah ada melalui Caritas Emergency HKBP. Saya sendiri telah menerima info tersebut dari Staff, dan kehadiran kali ini dikarenakan di acara Syukuran Ulang Tahun ke – 62, Ompu Boru memberikan perhatian khusus terhadap para korban dengan menyumbangkan hasil persembahan, ucapan syukur dari keluarga, dan perseorangan, serta dari HKBP. Sumbangan yang kami bawa ini berupa uang yang berjumlah Rp. 20.000.000,- dan Sembako diantaranya Beras Timbangan 30 Kg sebanyak 8 Karung, Gula 25 Kg dan Minyak Makan 15 Kg. Ini salah satu bentuk perhatian HKBP dan beberapa keluarga kepada korban atas kejadian tersebut, dan bersama – sama berdoa, kiranya Tuhan memberikan berkat melimpah kepada keluarga, Unsur Muspida diberikan kebijaksanaan untuk membantu, demikian para orangtua imannya diteguhkan serta anak – anak tetap bersemangat meneruskan pendidikannya dengan baik, kiranya kehadiran HKBP ini menjadi berkat, tutur Ephorus HKBP.

Diawali dengan sambutan awal oleh Kepala Biro Jemaat HKBP Pdt. Ebsan Hutabarat, M.Th yang menjelaskan perjalanan Ompu i Ephorus HKBP bersama rombongan serta sekilas urutan acara yang diadakan. Salah satu perwakilan para Korban, mengucapkan terimakasih kepada Ompu i Ephorus HKBP, Ompu Boru, Para Kepala Biro, Wakil Kepala Biro, dan rombongan lainnya yang terus memberikan perhatian kepada para korban kebakaran Dolok Sanggul ini. Kami bukan melihat jumlah yang disumbangkan, namun niat baik dan perhatian yang sangat kami butuhkan telah kami terima dari HKBP dengan kehadiran pelayanan HKBP dan sumbangan HKBP serta mendoakan kami seluruh korban kebakaran ini, ujar Keluarga Togu Purba/br. Pasaribu.

Turut juga hadir Kabid Pemberdayaan dan Bantuan Sosial mewakili Dinas Sosial Kabupaten Humbahas Delima Br. Sianturi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional Tingkat Daerah (BPBND) Tumbur Hutagaol, Camat Pardomuan Manullang, dan Lurah O. Parhusip. Pemerintah Kabupaten Humbahas yang dipimpin Bupati Dosmar Banjarnahor juga memberikan perhatian serius kepada para korban diantaranya akan diberikan bantuan IMB untuk pembangunan kembali rumah warga tersebut, bantuan material, dan lainnya. Selain juga bantuan sumbangan dari para simpatisan, gereja, dan lainnya memberikan bantuan sembako dan uang yang sebagian telah disalurkan kepada para korban beberapa hari yang lalu, ujar Camat.

Kiranya Tuhan menguatkan para Korban beserta keluarga menghadapi kejadian tersebut. Tuhan menguatkan…amen.

 

Penulis, Pdt. Alter Pernando Siahaan

No.Hp : 0813 9634 8422

 ] ]

 ]