JAKARTA, www.hkbp.or.id – Dalam mendukung Orientasi Pelayanan HKBP 2018, yaitu Tahun Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan, HKBP Palmerah Petamburan – melalui Seksi Lansia – melaksanakan Kegiatan Retreat Lansia sekaligus penanaman pohon di Hutan Manggroove Pantai Indah Kapuk, Jakarta Barat pada Senin (16/4).

Siapa bilang Lansia tidak bisa menjadi Berkat? Lansia juga bisa menjadi berkat, itulah kalimat yang selalu dikumandangkan di dalam kegiatan Reatret Lansia HKBP Palmerah Petamburan, pada hari Senin, 16 April 2018 di Hutan Manggroove Pantai Indah Kapuk. Kegiatan Reatret ini diawali dengan Penanaman Bibit Pohon Manggroove. Ide penanaman bibit pohon ini di cetuskan oleh Ketua dan Wakil Ketua Seksi Lansia (St. R. Rumahorbo dan W. Pakpahan). Berhubung tahun 2018 ini adalah tahun Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan HKBP, maka penanaman bibit pohot merupkan salah satu kegiatan melestarikan alam. Itu sebabnya ide penanaman bibit pohot dilaksanakan di kegiatan reatret tersebut. Selain itu, penanaman bibit pohon ini juga sebagai pertanda bahwa Seksi Lansia HKBP Palmerah Petamburan menjadi berkat bagi dunia ini. walaupun kelak kami akan meninggalkan dunia ini, tetapi pohon ini akan tetap hidup dan menjadi berkat bagi anak cucu kami kelak. Dan pohon tersebut akan membawa nama Lansia HKBP Palmerah Petamburan tetap hidup, demikianlah yang diungkapkan Bpk. Sihite (Suami dari St. Br. Hutabarat) salah seorang peserta dalam kegiatan Reatret tersebut.

Usai Penanaman bibit pohon, seluruh peserta diajak untuk jalan sehat (mengelilingi Taman Hutan Manggroove Pantai Indah Kapuk) sambil menikmati udara segar lokasi tersebut. Usai Jalan Sehat, kegiatan dilanjutkan dengan Ibadah Singkat yang dipimpin langsung oleh Pendeta Ressort (Pdt. Sukamto Binsar Pasaribu, STh, MBA). Dalam renungan singkatnya, Pdt. Sukamto Binsar Pasaribu, STh, MBA menekankan bahwa Hidup manusia itu memiliki limit atau batas, semua manusia akan menuju kepada akhir dari kehidupannya yaitu kematian. Untuk itu jangan pernah sia-siakan hidupmu, jadilahkanlah hidup itu berkat bagi orang lain. Tidak ada batasan usia, tidak ada batasan umur, siapa bilang kalau usia sudah lanjut tidak bisa menjadi berkat? Walau sudah Lansia pun kita harus bisa menjadi berkat. Untuk itulah tujuan dari kegiatan yang kita laksanakan di tempat ini merupakan suatu usaha untuk menjadi berkat. Kiranya pohon yang akan kita tanam di tempat ini dapat menjadi berkat bagi anak-cucu kita kelak.  Diakhir renungannya, Pendeta yang terkenal energik dan selalu semangat ini mengatakan : Jadilah Lansia yang selalu memiliki semangat untuk menjadi berkat bagi keluarga, masyarakat dan bangsa.

Usai Ibadah, Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan acara hiburan dan Perlombaan seperti (Pesan Berantai, Tebak Judul Lagu BE dan KJ dan Lomba Joget). Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sangat bersukacita.

Penulis: Pdt. Ronny Lumbantobing, STh (Pendeta Fungsional HKBP Ressort Palmerah Petamburan)