Horas, Ompu i Ephorus yang saya hormati bersama pimpinan; Bapak Sekjen, inang Kadep Marturia dan inang Kadep Diakoni, para praeses, seluruh pendeta ressort dan utusan ressort yang saya hormati, izinkan saya menyampaikan laporan ringkas tentang pelaksanaan Sinode Godang HKBP ke-64 ini sebagai ketua umum.

Sebagaimana tadi sudah disampaikan dalam pembukaan atau ibadah, peserta sinode godang yang sudah hadir pada saat ini 1325 dari 1642 orang. Selain itu, perlu kami laporkan kepada Ompu i, selain peserta sinode godang, kami juga mengundang elemen-elemen pelayanan yang dipimpin oleh Ompu i dan Bapak Sekjen, seperti KPPS, panitia Sopo Nommensen dan bagian-bagian lain yang dianggap perlu sebagai bagian dari pelaporan atau barita jujur taon dari Ompu i Ephorus HKBP.

Selain dari pada itu, kami juga mengundang dari unsur pemerintah dan tokoh-tokoh masyarakat. Karena itu, kami perlu melaporkan kepada Ompu i Ephorus HKBP bahwa pada saat ini yang sama-sama kita hormati telah hadir di tengah-tengah kita dari unsur pemerintah, bapak Bupati Toba Samosir, Bapak Siagian. Saya tidak menyebut namanya karena segan. Namanya sama dengan nama Ompu i. Jadi marganya saja saya sebutkan. Juga dari Bapak Walikota Sibolga, Bapak Safri Hutauruk. Selamat datang, Bapak! Kita tahu Bapak Hutauruk ini selalu menggunakan nas Alkitab kalau dia bicara berhadapan dengan orang-orang HKBP. Jadi, luar biasa bapak ini. Juga yang mewakili pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, Humbahas, dan bapak Wakil Bupati Samosir Bapak Sinaga, wakil Bupati Tapanuli Tengah, juga yang mewakili pemprovsu, Bapak Marbun yang ada bersama-sama dengan kita.

Selain dari pada itu, perlu kami laporkan kepada Ompu i. Mereka yang sama-sama hadir juga dengan kita di sini, unsur-unsur DPRD dari berbagai kabupaten di kawasan Tapanuli ini. Kami juga mengundang mereka yang sama-sama kita hormati dan hadir di tempat ini. Tokoh-tokoh jemaat kita yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, ada di sini Bapak HW Hutahaean, ada Bapak Soltan Simangunsong, ada Bapak Ir Nurdin Tampubolon anggota DPR RI, ada Rektor Universitas Nommensen Medan Dr Sabam Malau dan Plt Rektor Universitas Nommensen Pematangsiantar, ada berbagai tokoh lainnya yang tidak dapat kami sebut satu per satu di sini dan secara khusus dari aparat keamanan juga hadir bersama-sama dengan kita pada saat ini.

Ompu i Ephorus HKBP, pada sinode ini kami harus dengan gembira dan bangga menyampaikan bahwa sekolah minggu sebagai pemilik gereja adalah juga bagian dari sinode ini. They can speak English well. Wellcome and thank you for our kids Sunday school. Lagu-lagu mereka adalah bahasa Inggris karena di era globalisasi ini bahasa Inggris adalah sesuatu yang mesti disampaikan kepada anak-anak. Beriman di dalam bahasa Inggris, berkomunikasi di dalam bahasa Inggris, berpikir di dalam bahasa Inggris, tetapi berkarakter di dalam Kristiani dan Batak. Itu yang kita terus kembangkan di HKBP. Event we live global, but we still stay local, seperti buku Ompu i Tumbuh Lokal berbuah Universal.

Juga bersama-sama dengan kita, kami harus mengapresiasi secara khusus, ternyata dulu mimpi misionaris bahwa di daerah Tapanuli ini akan terdengar suara musik tiup yang menggema. Sekarang sudah tersebar di mana-mana. Para pendeta dan pelayan kita, itulah tadi yang kita undang membawa terompet masing-masing untuk membantu di dalam ibadah ini.

Kami memohon kepada Tuhan dengan hikmat dan kuasaNya, Ompu i Ephorus memimpin sinode godang ini dalam suasana damai sebab tadi malam dalam orientasi kami merasakan suasana yang teduh dan damai. Seluruh peserta sinode godang memperlihatkan kedewasaan iman, kedewaan berpikir, kedewasaan berbicara yang kami harap tertular selama sinode godang ini. Tuhan memberkati. Horas!