Ribuan jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Distrik XX Kepri memadati dataran alun-alun Engku Puteri, Batam Center untuk merayakan Paskah, Minggu (08/4/2018). Dengan Thema: Tuhan Memberikan Kesehatan, Kesembuhan dan Kedamaian (Jeremia 23:6). Kesejukan sangat terasa dengan iringan musik dan lagu – lagu rohani yang berkumandang, sehingga suasana semakin meriah penuh kedamaian. Ibadah sudah dimulai sejak pukul 10.00 WIB. Yang menghadiri acara ini jemaat HKBP se-Kota Batam dan Provinsi Kepri. Sebelum memulai acara ibadah, barisan prosesi yang berjumlah 700 orang memasuki tempat yang sudah tersedia. Barisan prosesi tersebut di antaranya rombongan Pendeta yang menggunakan jubah hitam, rombongan Bibelvrouw menggunakan jubah putih dasi biru dan rombongan sintua menggunakan jubah putih dasi merah. Terlihat juga beberapa panitia lainnya beserta anak sekolah minggu mengikuti prosesi. Berjalan sambil membawa properti masing-masing seperti bendera yang mencantumkan tulisan HKBP Ressort mereka. Barisan prosesi sejauh 2,8 Km ini juga melakukan jalan salib mulai dari kantor distrik HKBP hingga tiba di alun-alun, Terlihat yang menghadiri kebaktian ini Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau sekaligus Ketua Panitia Perayaan Paskah Bpk. Jumaga Nadeak, SH, Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. David Farel Sibuea, M.Th, D.Min sebagai pemimpin ibadah dan Pengkhotbah dan Praeses Distrik XX Kepri Pdt. Kardi Simanjuntak, M.Min. Panitia juga menyediakan beberapa tenda dan kursi untuk peserta yang mengikuti ibadah. Namun, masih banyak jemaat yang berdiri dikarenakan tidak kebagian kursi. Bukan hanya perayaan Paskah tingkat Distrik, Perayaan Paskah Akbar ini juga sekaligus mendeklarasikan program hatopan tahun 2018 sebagai Tahun Kesehatan dan Kebersihan Dalam Lingkungan Hidup. Karena itu, sebagai institusi gereja suku terbesar di Asia Tenggara HKBP siap mensukseskan Tahun Kesehatan ini.

Ibadah paskah raya yang diikuti sekitar 17.000 jemaat HKBP Distrik XX Kepri berjalan dengan baik. Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. David Farel Sibuea, M.Th, D.Min dalam kutipan khobah yang disampaikannya mengajak warga jemaat HKBP untuk senantiasa meneladani kepribadian Kristus Yesus. ”Warga HKBP harus mengasihi sesama jemat dan juga jemaat gereja lainnya, serta mengasihi sesama umat manusia meskipun berbeda suku dan agama untuk merajuk kebersamaan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Pendeta Sibuea. Mengajak jemaat HKBP untuk saling mengasihi sesama manusia, sebagaimana Tuhan Yesus mengasihi umat-umatnya. Karena semua yang ada termasuk kesehatan, kesembuhan dan kedamaian berasal dari padaNya. Mengajak warga HKBP agar besama-sama melawan narkotika, dan menjadikan media sosial seperti Facebook, Whatsaap, Twiter sebagai penyampai pesan perdamaian. “jangan sampai gara gara main facebook berurusan dengan hukum karena melakukan penghinaan, menghujat dan merendahkan agama orang lain. Marilah segenap warga jemaat HKBP menjauhkan diri dari pesan-pesan yang melukai hati orang lain, ucap Sekjend HKBP. Amang Sibuea menambahkan, bahwa Paskah Raya Distrik XX Kepri hari ini tanggal 8 april 2018 merupakan sejarah bagi jemaat HKBP. Kita mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Kepri yang telah mendukung perayaan Paskah HKBP Distrik XX Kepri secara khusus kepada bapak Jumaga Nadeak, SH  selaku ketua perayaan paskah HKBP tahun ini. ” ujarnya.

Ketua perayaan Paskah Raya HKBP Distrik XX Kepri, Jumaga Nadeak,SH mengatakan bahwa panitia perayaan paskah mengucapkan terima kasih kepada seluruh jemaat HKBP yang dengan semangat mengikuti ibadah paskah raya hari ini. ”dari perkiraan yang hadir sebelumnya sebanyak 12.000 orang, namun ternyata yang hadir bisa mencapai 17.000 hinggan 20.000 orang. jumlah tersebut masih 12 persen dari jumlah 100.000 jemaat HKBP di Kepulauan Riau. Pak Nadeak juga mengatakan sesuai program penatalayanan HKBP tahun 2018 yakni kesehatan dan kebersihan lingkungan hidup, panitia perayaan paskah raya pada hari ini, sebenarnya juga melakukan donor darah , tetapi karena jadwal PMI padat sehingga donor ditunda di hari yang akan datang. Jemaat HKBP tahun ini akan menyumbangkan sebanyak 30.000 kantong darah untuk membantu Palang Merah Indonesia.” ujar Ketua.

Pada kesempatan ini juga turut hadir Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun dan Wakil Gubernur Kepri Isdianto. Dalam kesempatan itu, dua pimpinan sejoli ini menunjukkan kekompakan ketika menghibur warga jemaat HKBP Distrik XX Kepri dengan tembang idola Wakil Gubernur Isdianto,” satukali kau sakiti hati ini”. Tembang ini di duetkan pasangan pemimpin sijoli ini menambah sumringah suasana Paskah Raya tersebut, tembang ini bagaikan magnet bagi Gubernur dan Wakil Gubernur. Syair lagu itu mampu menyemangati puluhan ribu warga jemaat HKBP yang hadir dalam perayaan paskah tersebut. Dalam kesempatan itu, Gubernur Nurdin Basirun juga mengajak puluhan ribu warga jemaat HKBP Distrik XX Kepri untuk senantiasa bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa. semoga dengan perayaan paskah ini membawa berkah dan meningkatkan kebersamaan kita, untuk bersama sama kita membangun Provinsi Kepulauan Riau. Kami menyadari untuk membangun Provinsi Kepulauan Riau, kami belum ada apa apanya, tapi lebih kepada bagaimana kita secara bersama sama elemen masyarakat untuk membangun Provinsi Kepulauan Riau, ucapnya lanjut Nurdin. Sejauh ini masyarakat Kepri masih nomor satu di indonesia terkait kerbersamaan dari banyaknya suku dan budaya, termasuk warga jemaat HKBP, mari kita galang secara bersama sama membangun hal hal yang positif. ”Dengan menjaga kebersamaan, kepri akan bisa kita bangun” ucap Pak Gubernur dengan suara keras dan tegas.

Acara dari awal hingga akhir berjalan dengan baik hingga diakhiri dengan menyematkan ulos oleh HKBP kepada Gubernur dan Wakil Gubernur dan SKPD lainnya, tokoh agama dan pimpinan gereja tetangga oleh Sekretaris Jenderal HKBP dan Amang Praeses Distrik Kepri sekaligus mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga jemaat yang datang serta memberitahukan untuk mengapresiasi Tahun Kesehatan HKBP Kepri akan melakukan perlombaan gedung gereja yang bersih, check-up gratis dan kegiatan lainnya guna mensukseskan program hatopan HKBP. Semua warja jemaat benar-benar antusias mengikuti acara hingga selesainya kegiatan ini dan ditutup dengan Doa oleh Amang Praeses. Pdt. Jona Togatorop, S.Th Sekretaris Khusus Sekjend HKBP