Atas nama Ephorus, Pdt Martongo melantik Pdt Robert Hutapea menjadi Kepala Staf Kantor Ephorus HKBP

Karena ini merupakan jabatan yang baru, perlu juga dipahami tupoksinya dalam pelayanan Ephorus HKBP, tutur Kepala Departemen Koinonia Pdt Dr Martongo Sitinjak dalam pelantikan Kepala Staf Kantor Ephorus HKBP Pdt Robert Hutapea STh pada hari ini, Kamis (10/1/2019), di Ruang Oval komplek Kantor Pusat HKBP. Sebelumnya, Pdt Robert Hutapea melayani di HKBP Ressort Sukabumi Distrik Deboskab.

Kadep Koinonia menjelaskan, menurut Aturan dan Peraturan, yang memimpin seluruh HKBP ialah Ephorus. Apabila dikatakan ‘seluruh’, berarti mencakup semua, baik itu koinonia, marturia, diakonia dan administratif gereja, juga memimpin Majelis Pekerja Sinode dan Praeses HKBP.

Sekretaris Jenderal, Kadep Koinonia, Marturia dan Diakonia bersama mendampingi (Batak: Mandongani) Ephorus memimpin seluruh HKBP. Karenanya, pelayanan Ephorus multifungsi. Bukan personal, tapi lembaga atau institusi sehingga ada diktum-diktum kerjanya.

Selain itu, ia menyatakan, perlu ada link kerja dan koordinasi yang jelas. Kantor Ephorus merupakan tempat pengolahan data akhir yang memeriksa apakah sesuai dengan peraturan dan dokumen yang ada di HKBP. Pengambilan keputusan tetap ada di Pimpinan HKBP.

Begitu juga dengan sistem kerja kepala staf kantor Ephorus yang berkaitan langsung dengan Ephorus dan Sekretariat Jenderal dan Biro-biro yang tidak berada di bawah koordinasi kepala departemen. Juga harus dipahami link kerja dengan lima Pimpinan HKBP yang memiliki sekretaris khusus, pungkasnya.

Kepala Biro Jemaat Pdt Ebsan Hutabarat MTh, mewakili kepala biro, menyambut hangat kedatangan Pdt Robert Hutapea. “Selamat datang ke dalam pelayanan Kantor Pusat HKBP,” katanya. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama. // Biro Informasi – DM