Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit siap untuk menghadapi perkembangan zaman di era modrenisasi yang telah masuk ke era digital yang ke empat. Dengan hadirnya Bandara International di daerah Tapanuli utara dan destinasi Pariwisata Danau Toba akan memacu perkembangan yang pesat terjadi di daerah Tapanuli.

Seluruh umat dan HKBP yang berada di wilayah Tapanuli Utara juga harus siap dengan perkembangan yang pesat tersebut. Maka dari itu, HKBP telah mempersiapkan diri untuk menghadapinya dengan mempersiapkan segala program yang visioner ke depan. Hari ini, Sabtu (15/9) HKBP melakukan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Convention hall di Perkampungan Pemuda HKBP, Jetun Silangit yang dipimpin langsung oleh Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing.

Acara Peletakan batu pertama diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Praeses Distrik Humbang Habinsaran Pdt Kacon Nababan sebagai Pengkhotbah dan Pdt Samsir Hutagalung sebagai liturgis, serta Pdt Darwin Sihombing membawakan doa syafaat.

Dalam khotbah yang didasarkan pada Galatia 6 : 2 “Bertolong-tolonglah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus”, pengkhotbah menekankan tentang bagaimana kita saling membantu dan harus saling menopang dalam kehidupan kita. Terlebih lagi di pembangunan Convention Hall ini. “On dope pertama adong Convention Hall di Tapanuli Raya” terang pengkhotbah.

Dalam kata sambutannya, Kadep Koinonia HKBP Pdt Dr Martongo Sitinjak menyampaikan, hal yang visioner untuk kedepan merupakan dasar dari kegiatan ini, tempat ini akan menjadi pusat pembinaan karakter dan iman, serta melalui tempat ini kita akan menawarkan pusat wisata  dan culture yang memperkenalkan daerah Tapanuli kepada wisatawan yang hadir.

Convention Hall yang akan dibangun ini dapat menampung 1300 orang. Bangunan ini akan memiliki multifungsi dalam penggunaannya. Dapat dibagi menjadi 3 tempat melalui sekat yang disediakan sehingga pembinaan bagi para pelayan, pemuda  dan sekolah minggu akan dapat berlangsung bersamaan ditempat ini, terang Kadep Koinonia HKBP.

Pembangunan ini juga merupakan pelayanan kita untuk segala kalangan dalam memfasilitasi pembinaan para jemaat untuk memiliki karakter yang beriman, kata Ephorus dalam kata sambutannya.

Dalam acara peletakan batu pertama ini turut hadir para pemerintahan kabupaten di Tapanuli Raya, Kapolres Tapanuli Utara, Yayasan HKBP Nommensen, Dandim, Sekretaris Jenderal HKBP Pdt David Farel Sibuea MTh DMin, Kadep Diakonia Pdt Debora Purada Sinaga MTh, para Praeses dan full timer dan para ahli waris yang menyerahkan Tanah Jetun Silangit ke HKBP serta seluruh panitia pembangunan yang diketuai oleh AKBP Dr Maruli Siahaan SH MH. RH // dm