BANJARMASIN, www.hkbp.or.id – Seusai ibadah Minggu, HKBP Sungai Danau Ressort Banjarmasin Distrik XXVII Kaltimsel Kaltara mengadakan pembinaan keluarga bagi jemaat, Minggu (18/3). Pembicara langsung dibagi dalam dalam dua tempat yaitu kepada anak sekolah minggu dan kepada jemaat dewasa. Pembicara yang datang dari Jakarta seusai melakukan pembinaan Guru Sekolah Minggu se-Ressort Banjarmasin mendapatkan antusiasme dari jemaat HKBP Sungai Danau, dengan tinggal di rumah jemaat. Pembicara pada pemateri ini adalah Repelita Br Tambunan dari Biro Perempuan dan Anak PGI yang sebelumnya bekerja di Perserikatan Bangsa-Bangsa, Susi Rio Br Panjaitan dari Yayasan Anak Mandiri Jakarta dan Goklas Siregar aktivis pengajar anak sekolah minggu. Pembinaan ini dimoderatori langsung oleh pimpinan jemaat HKBP Sungai Danau, Pdt Anry Krismanto Nababan STh MPdK.

Repelita Tambunan menjelaskan, bagaimana membangun komunikasi iman dalam keluarga melalui pengajaran firman Tuhan. Seperti berdoa harian dalam rumah (Josua 24:15c), orang tua sebagai iman dalam keluarga, dan bergantung kepada Allah. Ia juga mengampanyekan 1821 artinya 18.00 s/d 21.00 adalah waktu kumpul dengan keluarga. “Disconect smartphone to your family be happy family,” ujarnya. Sementara Susi Rio br Pannjaitan lebih menekankan aspek psikologi terhadap anak yang kecanduan terhadap game online dan internet yang akan merusak masa depannya.

Jemaat HKBP Sungai Danau sangat antusias mendengar ceramah, hal ini dibuktikan dari respons peserta dalam bertanya. Ny Sintua Asiahaan Br Situmeang, Kepala SMP 7 Satui, menanyakan tentang perubahan anaknya setelah remaja selalu marah ketika ditanya sudah belajar.

Seusai pembinaan keluarga, jemaat mengadakan makan siang di rumah pendeta bersama dengan pembicara yang hadir. (Pdt Anry K Nababan // Edt: DM)