Pembinaan parhalado (majelis jemaat) seressort telah berlangsung di HKBP Ressort Banjarmasin di Labirin, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan sejak 30 April sampai 1 Mei 2018. Kegiatan ini dihadiri 30 parhalado meliputi HKBP Banjarmasin,  HKBP Sungai Danau,  HKBP Borneo,  Pos pelayanan HKBP Tanjung Tabalong,  Pos Pelayanan Banjarbaru.

Acara ini dimulai dengan ibadah yang dipimpin oleh Diakones Juwita Manalu dan dibuka resmi oleh Pdt Bikwai Simanjuntak MTh. Ia mengatakan, pembinaan ini sudah belasan tahun tidak diadakan di ressort Banjarmasin. Selain itu, ia menekankan, pembinaan ini menghadirkan pembicara yang berkompeten di sesi yang akan disajikan.

Acara dipandu oleh Pdt Nurista Simanjuntak STh. Sesi pertama disajikan oleh Pdt Daniel Harahap MTh dengan topik Dokumen HKBP dan Tahbisan (Tohonan) Sintua. Saat di tengah kegiatan, usai sesi yang dibawakan Pdt Daniel, peserta dikejutkan dengan selipan perayaan ulang tahun kepada Pdt Anry Krismanto Nababan STh MPdK ke-29, yang telah dipersiapkan oleh panitia. Ucapan selamat ulang tahun diwakilkan oleh Pdt Bikwai dan perwakilan dari Pos Pelayanan Banjarbaru.

Sesi demi sesi dimoderatori oleh Pdt Apriando Rajagukguk STh dan Pdt Laurensus Situmorang. Pdt Anry Nababan membawakan sesi berikutnya dengan topik Homiletika. Dalam paparannya, ia menekankan, pemberitaan firman Tuhan merupakan tugas bagi setiap orang percaya, khususnya bagi mereka yang dipanggil dan dipercayakan untuk memberitakannya.

Kegiatan ini selain pembekalan ceramah, juga diadakan permainan-permainan ringan keesokan harinya. Pembekalan ditutup dengan ibadah dan pelayanan perjamuan kudus.

Sintua Boru Bakkara, salah seorang peserta dari HKBP Banjarmasin menyampaikan kesan dan pesan. “Semoga acara ini berkelanjutan,” ujarnya. (AKN)