Kamis (8/11), Ompui Ephorus HKBP melantik Pengurus dan Pengawas Yayasan Kesehatan HKBP di HKBP Balige. Acara diawali dengan prosesi dan dilanjutkan dengan acara ibadah yang dilayani oleh Pdt David Silaban STh (Kabiro Ibadah) sebagai Liturgis, Pdt Debora P Sinaga MTh (Kepala Departemen Diakonia) Pembawa Firman Tuhan dan Pdt Donda Simanjuntak STh (Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan) pembawa Doa Syafaat.

Dalam kotbahnya yang diambil dari Filipi 4:13, Pdt Debora Sinaga MTh menyampaikan bahwa apakah keistimewaan RS HKBP dengan RS yang lain, kalau jemaat HKBP juga membayar penuh biaya perobatan. Sewajarnya ada keistimewaan bagi jemaat HKBP mengingat RS HKBP adalah milik HKBP. Ada pelayanan yang istimewa, ada kemudahan bagi jemaat, ada discount, ramah. Ada pepatah yang megatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Tahun 2018 beriorentasi pada kesehatan dan kebersihan dalam lingkungan hidup. Mari kita mencegah dan mari kita memakai BPJS, menjauhi gosip, tapi spritualitas kerja yang tinggi. Ada asset yang tidak terpisahkan dari RS HKBP Balige yaitu Universitas HKBP Nommensen, Sekolah Tinggi Diakones, Distrik XI Toba Hasundutan, Kantor Pusat dan Pemkab Tobasa, AKPER. Pegurus Yayasan mengembalikan nama baik RS HKBP Balige dengan meningkatkan kualitas tanpa harus menuding, menyelahkan antara satu dengan yang lain, membangun kebersamaan. Saya yakin bahwa Pengurus dan Pengawas yang akan dilantik adalah orang yang memiliki komitmen yang dapat membangun SDM di RS HKBP ini, Tuhan memberkati dan Tuhan meguatkan.

Adapun Pengurus dan Pengawas Kesehatan HKBP yang dilantik Ephorus adalah:

  1. Pengurus:

Ketua              : Dr. dr. T. P. Hutapea, Sp.P (K) MARS

Wakil Ketua    : Dr. dr. Sudung O. Pardede, Sp.A (K)

Sekretaris        : St. Prof. Dr. Ir. Posma Sibuea

Bendahara       : St. Ir. Jhon Pitter Silalahi, MT

Anggota          :

Prof. Dr. dr. Karmel Tambunan, Sp.Pd-KOH

Tunggul Pangihutan Pasaribu, Sp.OG

Saut Hutasoit, Sp.An

drg. Martha Juliet Lumbantoruan

Ir. JB. Siringoringo

Dr. Budiman Sinaga, SH, M.Hum

Dr. Rudolf Pakpahan, Sp.Rad

Delphi Masdiara Ujung, SH, M.Si

  1. Pengawas:

Ketua              : dr. Maya F. Damanik, MARS

Sekretaris        : Dr. Elisabeth Dame Manalu, S.Psi, MM

Anggota          : dr. Jongguk Naiborhu, SH, MARS

Dalam sambutannya, Ketua Pengurus Yayasan Kesehatan HKBP yang baru dilantik Dr. dr. T. P. Hutapea, Sp.P (K) MARS mengatakan pengalaman 16 tahun menjadi Direktur Rumah Sakit bukan membuat kita menjadi bangga karena beda dengan bekerja di RS Pemerintah. Karena kali ini merupakan panggilan yang disampaikan Tuhan kepada saya dan teman-teman. Kami akan memberikan dedikasi kami semaksimun mungkin seperti yang dimintakan dalam kotbah tadi. RS HKBP Balige sudah 100 tahun berdiri, namun tracknya semakin menurun. Kami memohon doa dari kita semua, walaupun kami memiliki pengalaman namun tanpa doa dari semua maka apa yang kami lakukan kurang lengkap. Seperti kotbah Inang Pdt Debora Sinaga tadi, kami akan tetap semangat dan mari kita mengembalikan kejayaan RS HKBP Balige ini dengan peluang-peluang yang ada. Kami tidak mau bermuluk-muluk, tapi kami akan bekerja semaksimal mungkin utnuk RS HKBP Balige ini, sekali lagi kami memohon doanya. Horas…

Ompui Ephorus dalam Bimbingan Pastoralnya menyampaikan sepatutnya kita memuji Tuhan buat waktu dan kekuatan yang diberikan kepada kita, kita masih dibei waktu dan kesehatan supaya kita bisa memperbaiki pelayanan kita. Terimakasih buat semua yg hadir, jemaat dan parhalado, pendeta HKBP Balige dan semua utusan-utusan koor dan Praeses dan MPS. Kami akan menyampaiakn kata “borhatborhat” kepada Pengurus dan Pengawas Yayasan Kesehatan HKBP dalam menjalankan pelayanan kedepan yang sangat banyak tantangan. Khususnya untuk mengembalikan citra RS HKBP Balige. Bukan mengatakan bahwa selama ini tidak ada yang dilakukan, tapi kita berharap agar kedepannya lebih baik lagi. Kami melihat RS yang lain  sudah diatas RS ini, baik RS pemerintah maupun RS swasta. Tanpa untuk mengharapkan secara persis keadaan RS ini agar mengembalikannya kesemula, namun bagaimana agar RS HKBP ini dicintai dan disayangi, bukan karena hanya berobat tapi karena hanya mendengar namanya saja akan dibawa berobat ke RS Balige percaya sudah sembuh. Tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani. Firman Than dari Filipi 4:13 itulah yang menjadi pegangan kita dalam melaksanakan tugas-tugas kita. Kepada Pendeta dan Majelis HKBP Balige ini saya juga menyampaikan bahwa nanti Direktur yang dipilih juga akan dilantik di HKBP Balige ini.