Minggu (28/10/2018), Sekretaris Jendral HKBP Pdt. David F. Sibuea, M.Th, D.Min memimpin ibadah pesta ulang tahun HKBP Distrik 11 Toba Hasundutan. Ibadah diadakan di komplek gereja HKBP Ressort Tampubolon yang dimulai dengan barisan prosesi dari rumah kediaman Guru Huria (Guru Jemaat) menuju halaman depan gereja. Dengan jumlah yang sangat banyak jemaat hadir dalam kebaktian ini. Turut hadir mengikuti jemaat dari 9 Ressort serta 23 Pagaran, ditambah warga jemaat HKBP Tampubolon dan para undangan lainnya. Ibadah berjalan dengan hikmat dan teduh, serta ditambah merdunya suara koor yang dinyanyikan koor HKBP Resort Tambunan, koor HKBP Paindoan Pohan, koor HKBP Bonan Dolok, koor HKBP Baruara, koor HKBP Balige, koor HKBP Soposurung, koor HKBP Hinalang Silalahi, koor HKBP Tampahan dan koor Sekolah Tinggi Diakones HKBP-Balige dan Bibelvrouw Laguboti.

Dalam khotbah yang disampaikan Amang Sekjend HKBP diambil dari Jesaya 58:4-12 menekankan “Hidup di dalam doa dan terang kasih Allah serta penyerahan diri secara penuh”. Selesai ibadah, dilanjutkan acara umum yang dimulai pemotongan kue ulang tahun oleh Amang Sekjend HKBP bersama dengan Inang Y. Br. Hutagaol juga para pelayan fulltimer HKBP Distrik 11 Toba Hasundutan, diikuti makan bersama dan lelang diiringi kegiatan lucky draw. Jemaat diberi berbagai macam hadiah dari panitia acara melalui lucky draw, dan diiringi kata-kata sambutan dimulai dari panitia, mewakili ruas HKBP Distrik 11 Toba Hasundutan dari HKBP Tampubolon. Turut hadir memberikan kata sambutan selamat dari Pemkab Tobasa yang diwakili Jhon Pitter Silalahi, selaku Asisten Perekonomian Pembangunan.

Kata sambutan diakhiri bimbingan dan arahan Pimpinan HKBP Pdt. David F. Sibuea, M.Th, D.Min yang menekankan agar tetap menjaga tanah leluhur di Tanah Batak (Bona Pasogit). “Jangan gampang sekali menjual tanah leluhur. Ingat leluhur kita yang dulunya mempertahankan tanahnya tanpa dijual, hanya untuk memikirkan aset bagi kita/pomparannya dan generasi mendatang,” tegas Pendeta Sibuea. Jemaat HKBP Tampubolon juga turut berpartisipasi yaitu Amang Pati Simanjuntak yang berjanji akan memberikan seperangkat sound system yang nantinya akan dipergunakan untuk huria-huria yang ada di Distrik 11 Toba Hasundutan. Sementara Pdt. Donda Simanjuntak selaku Praeses HKBP Distrik 11 Toba Hasundutan mengucapkan terima kasih pada pimpinan HKBP, Sekolah Tinggi Diakones dan Bibelvrouw HKBP, jemaat, undangan, Pemkab Tobasa dan HKBP Tampubolon yang sudi menjadi tuan rumah, juga kepada seluruh pemain musik tiup HKBP Tampubolon yang menyumbangkan tenaga dan talentanya dalam mengiringi ibadah.

Inang Praeses berharap, secara khusus jemaat HKBP di daerah Tobasa sudah mulai membekali sebagian jemaat Distrik 11, melalui Seminar Pembekalan IT (Informasi Teknologi) bagi jemaat minimal 20 orang per ressort tentang manajemen keluarga di era digital. Juga kepada remaja atau Naposo Bulung , 25 orang per resort, tentang Serba I -Net serba instan tetapi tetap jadi intan, yang sudah terlaksana sehari sebelumnya, Sabtu (27/10/2018) bertempat di Kantor Distrik 11 Toba Hasundutan. “Ditambah program membekali jemaat dalam berbahasa Inggris, serta pembinaan karakter dan sehat jasmani dalam menyongsong era kawasan Otorita Danau Toba. Dan paling penting bisa menjadi Distrik yang bisa mewujudkan misi HKBP menjadi berkat bagi dunia,” pungkasnya. (JTT)