Pimpinan HKBP Menyerahkan Bingkisan Natal kepada Seluruh Pelayan dan Pegawai HKBP yang Pensiun

Pimpinan HKBP, Ephorus Pdt Darwin Lumbantobing bersama dengan pimpinan lainnya, menyerahkan bingkisan Natal kepada para pelayan dan pegawai yang pensiun

Universitas HKBP Nommensen (UHN) Pematangsiantar menjadi tuan/nyonya rumah perayaan Natal Hatopan HKBP Tahun 2018 yang diadakan di HKBP Siantar Kota, 13 Desember 2018. Perayaan ini dihadiri oleh Pimpinan HKBP, Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. David Farel Sibuea, M.Th, D.Min, dan Kepala Departemen Koinonia HKBP Pdt. Dr. Martongo Sitinjak.

Diawali dengan prosesi yang diikuti Ompu i Ephorus HKBP, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pelayan ibadah, Sekretaris Yayasan, Para Dosen, Para Praeses, dan Panitia ini, memasuki gereja dengan musik pengiring dan seluruh jemaat yang turut berdiri menyambut barisan prosesi. Ibadah dilayani oleh Praeses HKBP Distrik XIII Asahan Labuhan Batu Pdt. Bernard Manik, S.Th sebagai pengkhotbah, Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur Pdt. Same Siahaan, S.Th sebagai Liturgist, dan Kepala Biro Pembinaan Pdt. Darwin Sihombing, S.Th sebagai pendoa syafaat. Pengkhotbah Praeses Pdt. Bernard Manik menyampaikan Firman dari Lukas 4: 19 dengan thema “Memberitakan Tahun Rahmat Tuhan Telah Datang”.

Ephorus Pdt Darwin Lumbantobing dan Ompuboru M Siahaan, Kadep Koinonia Pdt Martongo Sitinjak dan istri Pdt B Hutabarat (kiri), Kabiro Personalia Pdt J Sinaga (kanan) berfoto bersama dengan pelayan yang sudah pensiun

Pengkhotbah menekankan kalau sukacita Natal ini mengajak seluruh orang Kristen untuk memberitakan pembebasan kepada orang – orang tertindas. Ada banyak masalah yang terjadi misalnya rupa – rupa penindasan, Orang yang lebih kuat menindas orang yang lebih lemah itu sudah terjadi, dan kini sebaliknya terjadi orang lemah menindas orang yang lebih kuat, orangtua dengan anak – anaknya sudah terjadi dan kini terjadi sebaliknya anak – anak menindas orangtuanya, atasan menindas bawahan itu sudah terjadi tetapi kini bawahan menindas atasannya karena tidak adanya loyalitas kepada atasan, itu kita pahami salah satu rupa dari penindasa masa kini. Selain itu ada masalah jeratan narkoba.

Ada banyak masalah saat ini tentang narkoba, negara dirugikan sekitar 63 Trillyun akibat narkoba, BNN menyebutkan sekitar 50 orang/hari meninggal dunia. Bahkan di Asahan Labuhan Batu ini menjadi masalah besar, hingga 41 % anak sekolah SLTP dan SLTA dinyatakan mengkomsumsi narkoba. Demikian halnya buta penglihatan jasmani dan rohani. Bisa saja secara jasmani menderita sakit ini tetapi yang lebih parah buta rohani karena bertentangan dengan Firman Allah. Ada manusia yang hidup di dalam ambisi yang tidak mampu dikontrolnya, sehingga ambisinya menyangkal nilai – nilai Kristen. Oleh karena itu, HKBP terpanggil membawa pembebasan dari tawanan dosa ini. Hari ini dan kini, Natal ini membangkitkan semangat kita semua. Roh Tuhan menguatkan kita semua. Bukan sekedar berita saja bagi kita, tetapi sudah menjadi tindakan nyata dari kita orang Kristen, kata Praeses Pdt. Bernard Manik.

Suasana ibadah

Dalam perayaan Natal ini, Pimpinan HKBP juga menyerahkan bingkisan natal kepada seluruh pelayan dan pegawai HKBP yang telah pensiun, yang berdomisili di Pematangsiantar, Tanah Jawa dan sekitarnya. Bingkisan ini diterima secara simbolis oleh 5 orang perwakilan yang dipanggilkan namanya oleh Ketua Panitia Natal Hatopan Pdt. Josmar Sinaga, S.Th.

Tampak juga jemaat dan parhalado HKBP Siantar Kota yang dipimpin Pdt. Victor Sitompul, S.Th, M.M menyambut sukacita gereja ini menjadi tempat berlangsungnya Pesta Natal Hatopan HKBP Tahun 2018. Rangkaian acara yang tertata rapi menghantarkan seluruh jemaat mengikuti ibadah dengan hikmat dan sukacita disertai dengan pemain musik yang handal Pdt. Fanuel Sihombing, S.Th beserta team. Selain kata sambutan dan beberapa orang dan bimbingan pastoral dari Ompu i Ephorus HKBP, acara tersebut juga diisi dengan persembahan lagu pujian perseorangan. Usai ibadah, acara dilanjut dengan makan siang bersama. // Pdt. Alter Pernando Siahaan