Pemuda turut ambil bagian dalamĀ  kegiatan aktif di gereja. Naposobulung (pemuda) HKBP se-Resort Banjarmasin telah membuktikan itu dalam pertemuan perdana mereka yang dilaksanakan di HKBP Sungai Danau, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Tumbu, Kalimantan Selatan selama dua hari, 14-15 April 2018. Selain NHKBP Sungai Danau, kegiatan ini dihadiri langsung oleh NHKBP dari Pos Pelayanan Tanjung Tabalong, Pospel Banjarbaru, NHKBP Borneo, dan NHKBP Banjarmasin. Para R-NHKBP setelah melakukan pendaftaran perorangan, dibagi ke rumah-rumah warga jemaat yang juga begitu antusias menyambut kedatangan mereka.

Kegiatan ini dibuka resmi oleh Pendeta HKBP Resort Banjarmasin Pdt Bikwai Simanjuntak MTh. Usai pembukaan, disusul dengan Pendalaman Alkitab (PA) yang bertemakan Mens sana in corpore sano (di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat). PA ini dibawakan oleh Pimpinan Jemaat HKBP Borneo Pdt Apriando Rajagukguk STh dan dimoderatori oleh Pimpinan Jemaat HKBP Sungai Danau Pdt Anry K Nababan STh MPdK.

Karena besok ibadah Minggu bersama, mereka mempersiapkan lagu pujian dalam paduan suara gabungan dengan judul Hehe ma NHKBP.

Sebelum memulai ibadah Minggu (15/4) pada pukul 09.30 wib, NHKBP bersama dengan warga jemaat melakukan lelang. Aksi kebersamaan ini mendapatkan banyak sambutan dan apresiasi dari warga jemaat HKBP Sungai Danau. Ibadah dilayani oleh Pdt Bikwai Simanjuntak sebagai pengkhotbah, Pdt Apriando Rajagukguk sebagai liturgis dan Pdt Anry Nababan sebagai penyampai warta jemaat. Sementara itu, Calon Pdt Ruben Siregar melayani ibadah sekolah minggu.

Paduan suara gabungan NHKBP se-Resort Banjarmasin, yang dipimpin oleh Pdt Anry Nababan saat itu, melantunkan pujian yang penuh semangat itu.

Pdt Bikwai dalam khotbahnya mengajak para pemuda untuk mencintai budaya Batak, terlebih ketika mereka berada di tanah perantauan. Selain itu, ia juga menekankan peningkatan hubungan personal antara pemuda dengan Tuhan, bukan kepada media sosial yang belakangan ini semakin marak.

Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari pemerintahan setempat. Atas undangan yang disampaikan, pihak pemerintah dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan memberikan pembekalan tentang penyuluhan kanker dan tumor. Pada akhir sesi pembekalan ini, Pdt Bikwai menyampaikan ucapan terima kasih atas respons baik pemerintah terhadap pemuda gereja. Sementara itu, narasumber memberikan tanaman sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih mereka.

Seusai ibadah, para menuju Pantai Sei Cuka dan melaksanakan outbound bersama. Tampak sukacita bersama dari ekspresi mereka yang terus berlanjut ke acara bebas. Mengakhiri kegiatan, Iron Siagian (Ketua NHKBP Sungai Danau), sekaligus Ketua Panitia Tahun Kesehatan dan Kebersihan dalam Lingkungan Hidup menyampaikan ucapkan terima kasih atas pelaksanaan program yang berjalan dengan baik. Hal senada diungkapkan oleh Joel (Ketua RNHKBP Borneo). Ia juga turut mengundang seluruh NHKBP se-Resort Banjarmasi untuk datang kembali pada pertemuan yang kedua pada Sabtu dan Minggu, 2-3 Juni 2018 di HKBP Borneo. Akhir pertemuan ini ditutup dengan doa oleh Pdt Bikwai Simanjuntak dan bersalam-salaman dengan warga jemaat yang turut hadir di pantai Sei Cuka. (Pdt Anry K Nababan STh MPdK // Edt : Daniel Manalu)