Warga jemaat HKBP Sungai Danau Ressort Banjarmasin Distrik XXVII Kaltimsel-Kaltara menggelar Pesta Panen (Gotilon) selama dua hari, Minggu (7/10/2018) hingga Senin (8/10). Acara ini dibuka dengan ibadah yang dilayani oleh Pimpinan Jemaat Pdt Anry Krismanto Nababan STh MPdK.

Lagu pujian dikumandangkan merefleksikan kehidupan spiritualitas orang percaya. Junior HKBP Sudan Group mempersembahkan lagu Dung Sonang Rohangku. Penampilan tari tortor panen dari budaya Simalungun juga membuat pesan pesta gotilon sampai ke jemaat. Menariknya dari acara ini, ternyata warga jemaat telah mengumpulkan celengan untuk kegiatan ini selama 10 bulan. Mereka bergantian meletakkan celengan mereka ke tempat yang telah disediakan.

Anak sekolah minggu kelas kecil menampilkan tarian martumba,  sementara yang lain membawakan tarian tortor Batak. Merasa tidak ingin ketinggalan, 10 orang dari persekutuan perempuan juga turut memeriahkan dengan membawa tarian tortor dengan lagu Anakhonki do Hamoraon di Au. Dalam suasana kebersamaan, seusai acara, warga jemaat dan majelis jemaat bersama menikmati hidangan siang yang telah dipersiapkan.

Pada Senin (8/10), kembali warga jemaat diundang mengikuti lomba nyanyi antargereja yang ada di Kecamatan Satui. Kegiatan yang berada di bawah koordinasi panitia orientasi pelayanan HKBP 2018 (Kesehatan dan Kebersihan dalam Lingkungan Hidup) ini berlangsung meriah yang dipandu oleh Ibu Br Panjaitan. Panitia menyiapkan tiga juri, di antaranya; Frido (guru Seni Budaya SMPN 1 Satui), Armis (guru SMAN 2 Satui beragama Islam) dan Pdt Anry Nababan.

Dalam peraturannya, hasil penilaian diambil dari 60 persen penilaian dewan juri dan 40 persen dari banyaknya yang menonton link youtube yang mereka juga gunakan sebagai sarananya. Juri segera mengumumkan pemenangnya, yaitu Juara 1 Virania Charima, Juara 2 Jelita Pasaribu, Juara 3 Moses Siahaan dan favorit youtube Jelita Pasaribu.

Acara juga diikuti dengan ibadah FKAGS dan pelantikan Panitia Natal Gereja Satui. Pdt  Gerson Sigarlaki sebagai Ketua FKAGS dan melantik panitia, salah seorangnya dari warga jemaat HKBP Sudan, yaitu Sintua Herman Pakpahan. AKN // DM Biro Informasi