Minggu (21/10), Kepala Departemen Koinonia HKBP pimpin ibadah pesta puncak tahun kesehatan, kebersihan hidup distrik V Sumatera Timur. Ibadah diadakan di komplek Sopo Godang HKBP jalan Gereja dan dimulai dengan barisan prosesi dari Bilut Parhobasan gereja HKBP Pematang Siantar.

Ribuan Jemaat hadir dalam kebaktian ini, mereka hadir dari 49 Resort/217 huria HKBP yang ada distrik V Sumatera Timur. Peribadahan berjalan dengan hikhmat dan teduh, serta di hadiri punguan koor PPND dengan mengumandangkan Koor “Ku Berbahagia” serta PPD yang menyanyikan koor Pujima Debata na Songkal.

Dalam Peribadahan juga berlangsung penandatanganan MoU HKBP Distrik V Sumatera Timur dengan PMI Kota Pematang Siantar dihadapan Pimpinan HKBP, tujuannya adalah untuk meningkatkan Bank Darah di Pematang Siantar, menerima/memberikan darah kepada yang membutuhka serta menjalin kerjasama yang baik dengan team kesehatan PMI Pematang Siantar.

Dalam Khotbah yang diambil dari Roma 12 : 1-3 dan topik minggu XXI Dung Trinitatis “Hadaulaton na Rimpas (ibadah yang Sejati), Pdt. Martongo Sitinjak menyampaikan bahwa wujud ibadah ada dua, yaitu :

  1. Seremoni, yang merupakan persembahan melalui ibadah/liturgis (parsombaon) dalam HKBP lebih dinamakan parmingguon dan partangiangan
  2. Hangoluan siganup ari, itulah yang dinamakan dengan hadaulaton

Pertemuan dua wujud itulah menjadi hadaulaton na marroha/rimpas (Ibadah yang sejati). Hidup di dalam doa dan terang kasih Allah serta penyerahan diri secara penuh (mangoloi hata ni Debata) terang Kadep Koinonia.

Ketika hidup di dalam ibadah yang sejati, pasti mampu membedakan yang baik dengan yang kurang baik. Maka kenalilah dirimu, jangan melebihi dari apa yang patut, tambahnya.

Banyak yang telah dilakukan oleh panitia Tahun Kesehatan Distrik V Sumatera Timur selama ini, diantaranya pemeriksaan kesehatan di 3 regional, perlombaan kebersihan lingkungan pargodungan gereja, dan banyak lagi yang lainnya. Kami berharap ini tetap berlangsung hingga seterusnya harap bapak wakil walikota Pematang Siantar (Ketua Panitia).

Kiranya tertanam seluruh kegiatan yang kita laksanakan selama ini di dalam hati yang bersih, demikian harapan Praeses Distrik V Sumatera Timur dalam kata sambutannya.

Dalam bimbingannya, Pdt Dr. Martongo Sitinjak mengajak para pelayan Pendeta, Guru Huria, Bibelvrow, Diakones untuk Paheheon Huria i asa gabe pasupasu tu na torop. Tetaplah nerpengharapan hanya pada Allah, karena hanya Allah yang mampu menjadikan kita sebagai berkat bagi huriaNya, begitu juga dengan para sintua.

Turut hadir bapak Anton Sihombing, mewakili Pemkab Simalungun, Pemkab Batubara, Pemkot Pematang Siantar dan juga dari Polres Simalungun. Reonald