Pimpinan dan staf menyambut hangat kunjungan Prof Dr KH Ma’ruf Amin bersama dengan ibu Wury Estu Handayani ke Kantor Pusat HKBP di Pearaja, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Jumat sore (5/10/2018). Setibanya di depan Gedung Raja Pontas Lumbantobing, dengan menggunakan jas berwarna abu-abu motif garis, syal putih dan sarungnya, Ma’ruf Amin turun dari mobil disambut juga dengan meriah. Rombongan bersama-sama menuj lantai dua, ruang pertemuan. Staf dengan hangatnya juga menyambut rombongan, Nusron Wahid dan Syekh KH Ali Akbar Marbun dan yang lainnya. Sementara itu, Ompuboru M Siahaan menjamu ibu Wurry Handayani ke rumah dinas ephorus, yang letaknya di sebelah gedung raja pontas.

Pertemuan ini turut dihadiri Praeses dan anggota Majelis Pekerja Sinode HKBP, yang baru saja menyelesaikan rapat menjelang Sinode Godang HKBP ke-64, sejumlah pimpinan gereja-gereja se Sumatra Utara dan Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian.

Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing dalam kata sambutannya mengungkapkan ketersanjungan HKBP dan berbangga hati atas kunjungan Ma’ruf Amin ke kantor pusat HKBP. Ephorus juga menyatakan, kedatangan Ma’ruf Amin bertepatan dengan Rapat Praeses dan Majelis Pekerja Sinode HKBP, yaitu 1 – 5 Oktober. Karenanya, kedatangannya ini diyakini sebagai perkunjungan ke seluruh umat Kristen jemaat HKBP.

“Karena sidang-sidang yang terlaksana kemarin, Rapat Praeses dan Rapat MPS, maka kedatangan bapak ini benar-benar kami yakini dan kami mengerti bahwa perkunjungan bapak benar-benar ke seluruh umat Kristen jemaat HKBP. Artinya, bukan saja ke Tarutung ini, karena melalui bapak/ibu praeses, anggota majelis pusat, sudah terwakili semua di sini,” jelasnya.

Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengapresiasi sambutan meriah dan hangat Pimpinan dan Staf Kantor Pusat HKBP. Dengan sedikit nada bergurau, ia mengatakan, sambutannya serasa sambutan kepada calon wakil presiden. Hal ini sontak mengundang tawa seluruh isi ruangan.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas sambutan yang meriah dan hangat oleh Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing beserta seluruh jajarannya. Saya merasa, sepertinya saya, sudah seperti wakil presiden. Padahal, saya baru wakil presiden,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengutarakan maksud kedatangannya ke kantor pusat HKBP. Ia begitu mensyukuri adanya Pancasila dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 sebagai hasil kesepakatan bersama para pendiri bangsa Indonesia.

“Kita beruntung karena kita punya Pancasila. Pancasila adalah titik temu berbagai kelompok. Kita beruntung punya Undang-undang Dasar ’45 karena Undang-undang Dasar ’45 adalah kesepakatan seluruh warga Indonesia,” terangnya.

Pertemuan ini diakhiri dengan pemberian ulos sebagai penghormatan dan pengikat tali kasih antara Ma’ruf Amin dan HKBP, serta pemberian cendera mata berbentuk plakat.

Kunjungan Prof Dr KH Ma’ruf Amin ke Kantor Pusat HKBP sebelumnya telah direncanakan dan dikonfirmasi melalui Sekretaris Khusus Ephorus, Pdt Alter Siahaan STh, untuk menjalin silaturahmi kepada HKBP dan pimpinan gereja lainnya. (BI).