Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing didampingi Kepala Departemen Koinonia HKBP Pdt. Dr. Martongo Sitinjak, Sekhus Pdt. Alter Pernando Siahaan, S.Th, dan St. K. Siahaan (Sintua HKBP Redland – California) berkunjung ke kantor Pasifica Synod of the Evangelical Lutheran Church bertemu dengan Bishop Rev. Andrew Taylor yang beralamatkan di Park Court Place bldg c, Santa Ana, CA 92701 pada Senin (29/10/2018).

Bagi Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pasifica Synod of the Evangelical Lutheran Church merupakan setingkat distrik yang dipimpin yang setara Praeses, yang disebut dengan “Bishop”. Kunjungan Pimpinan HKBP ke kantor ini untuk bertemu dengan Bishop Rev. Andrew Taylor membicarakan tindak lanjut MoU HKBP dengan ELCA dan secara khusus perkembangan pelayanan jemaat HKBP yang ada di California Selatan.

Sambutan hangat Bishop Rev. Andrew Taylor bersama Rev. Tom  menghantar percakapan yang santai dan serius, sembari memperkenalkan kantor beserta para pelayan dan pegawai bekerja di kantor tersebut. Percakapan tersebut menghasilkan kesepakatan yang bermanfaat untuk mengembangkan pelayanan HKBP di California.

Mengingat Pimpinan HKBP sangat berkepentingan untuk mengunjungi jemaat – jemaat HKBP yang ada di California ini sekaligus menjawab kebutuhan jemaat di California, yang memang dalam peta pelayanan HKBP, koordinasi pelayanan jemaat yang ada di Amerika masih langsung kepada Pimpinan HKBP dikarenakan belum adanya ressort maupun distrik yang menaungi hingga saat ini. Untuk itu, harapan besar agar jemaat – jemaat yang berdomisili di Amerika berpikir untuk membenahi dan mengupayakan pengembangan pelayanan dengan kesatuan jemaat agar semakin baik, yang juga diharapkan akan mengikuti pola dan peta pelayanan strukturisasi sebagaimana yang diaturkan HKBP. Kebutuhan jemaat yang diutarakan jemaat dan sintua agar ada Pendeta HKBP melayani di Redland menjadi prioritas untuk pengembangan pelayanan, yang akan dipenuhi Ephorus HKBP nantinya dengan mendatangkan Pendeta HKBP untuk melayani jemaat di California.

Bishop Rev. Andrew Taylor juga memberikan perhatian khusus dikarenakan hubungan baik antara HKBP dengan ELCA selama ini apalagi sejak ditandatangani Memory of Understanding oleh Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dengan ELCA yang diwakili The Rev. Dr. Rafael Malpica Padilla sebagai Executive Director, ELCA Global Mission di Hotel Soechi – Medan. (Pdt. Alter Pernando Siahaan | Sekhus Ephorus HKBP)