Selama lima hari Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) akan melaksanakan salah satu agenda besarnya di tahun ini, yaitu Sinode Godang ke-64 pada 8 – 12 Oktober 2018 di Auditorium HKBP, Seminarium, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara. Kegiatan akbar ini berjalan dalam terang tema Membangun dan Menanam dengan Sopan dan Teratur berlangsung dengan baik. Tema ini didasarkan pada firman Tuhan Yeremia 1: 10c + 1 Korintus 14: 40.

Pada Sinode Godang ke-64 ini akan membahas banyak tentang perkembangan dan tantangan pelayanan HKBP mulai dari tingkat jemaat, ressort, distrik dan pusat. Seluruh pelayan dan warga jemaat HKBP berjalan bersama dan bergandengan tangan untuk memajukan pelayanan HKBP berdasarkan firman Tuhan.

Tuhan telah berkarya dalam tubuh HKBP sebagai alatNya untuk melayani jemaatNya. HKBP terus berefleksi mengembangkan diri demi peningkatan pelayanan. Sinode Godang ini juga sebagai salah satu sarana bersama-sama bergumul atas apa yang dialami oleh warga jemaat.

Sinode Godang ini di bawah koordinasi Ketua Umum Panitia Pdt Dr Martongo Sitinjak (Kepala Departemen Koinonia HKBP) dan Sekretaris Umum Panitia Pdt David Farel Sibuea MTh DMin (Sekretaris Jenderal HKBP).

Dalam Sinode Godang, para sinodestan akan dilawat oleh Tuhan Yesus melalui firmanNya dalam ibadah, khotbah dan PA, serta melalui perjumpaan dengan sesama sinodestan. Sinodestan akan diperlengkapi dan disegarkan melalui ceramah, bimbingan pastoral dan kata-kata sambutan.

Para peserta diharapkan juga kiranya dapat memikirkan dan membicarakan materi sinode untuk membuahkan keputusan-keputusan yang terbaik selama sinode ini berlangsung. Kiranya Informasi Pimpinan, yakni Barita Jujur Taon Ephorus, Laporan Pelayanan Sekretaris Jenderal dan Ketiga Kepala Departemen (Koinonia, Marturia dan Diakonia) yang disampaikan pada sinode ini dapat menjadi acuan bagi pelayanan HKBP yang lebih baik ke depan, begitu juga dengan semua percakapan dan hasil keputusan sinode tahun 2018 ini berguna bagi pengembangan HKBP untuk menjadi berkat bagi dunia dan kemuliaan bagi Allah.

Pada Sinode Godang kali ini juga akan dibahas tentang gereja dan masyarakat sebagai hasil dari Konsultasi Nasional HKBP pada 9 – 10 Juli 2018.

Selain itu, sinodestan akan menggumulkan Amandemen III Aturan dan Peraturan HKBP 2002. Semuanya dikondisikan sesuai dengan pergumulan jemaat yang dipergumulkan bersama di dalam sidang-sidang. Demi efisiensi waktu dan pembahasan yang profesionalitas, sinodestan dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Hasil rapat kelompok masing-masing akan diputuskan dalam sidang pleno yang diikuti oleh seluruh sinodestan.

Malam ini (8/10), Ketua Umum Panitia Pdt Dr Martongo Sitinjak (Kepala Departemen Koinonia) memimpin Orientasi Sinode Godang yang membahas seputar jadwal, tata tertib, notulen dan panitia bagian Tona (Pesan Sinode Godang). Besok pagi pukul 09.00 wib akan berlangsung pembukaan yang dipimpin langsung oleh Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing di dalam ibadah pembukaan.

Sinodestan yang seharusnya hadir dalam Sinode Godang ini 1638 orang.

 

Panitia Sinode Godang HKBP ke-64

Sie Publikasi dan Dokumentasi