TARUTUNG, www.hkbp.or.id – Senin (13/2), Kepala Departemen Marturia Pdt Dr Anna Pangaribuan memimpin Rapat Evaluasi Eksternal antara HKBP dengan beberapa badan HIV AIDS Internasional lainnya. Rapat evaluasi ini membahas pemahaman pelayanan secara global. Komite HIV AIDS HKBP telah menjalin kerja sama dengan ELCA sejak 2006, dan itu menjadi salah satu topik pembahasan perkembangan dan dampak dari kerja sama tersebut. Selain itu, Kadep Marturia menyambut hangat kedatangan mereka.

Rev Chandran Paul Marthin dari ELCA mengatakan dalam sambutannya mengapresisasi kerja Komite HIV AIDS HKBP yang begitu serius menganggapi penanggulangan HIV AIDS baik dalam lingkup jemaat sendiri, maupun di luar jemaat.

Usai saling memberikan laporan dan kata sambutan, pertemuan dibagi dalam beberapa kelompok untuk saling berbagi pengalaman di antarnegara. Dalam tuturan salah satu anggota komite HIV AIDS HKBP, secara lembaga, HKBP juga telah memiliki komite ini di tiap distrik namun hanya beberapa distrik yang mengaktifkannya seperti Distrik Samosir, Toba Hasundutan, dan DKI Jakarta.

Turut hadir juga dari Dr A Kambodji dari Thailand, Suyog Dhawal dari Nepal, Erikson Marbun dari Komisi Penanggulangan AIDS Medan, Pesta Natatalia dari Komunitas Pendamping ODHA Sidikalang, dokter Basaria Lumbangaol MKes dari Rumah Sakit Umum Tarutung, Rotua Sinaga dari Dinas Kesehatan Tarutung, Diakones Nurhayati Silalahi (Sekretaris Eksekutif) dari Komite HIV AIDS HKBP, Edwin Tamba Hutagaol (Bendahara), Diakones Oka Nurhayati Harianja (Manajer Kasus). Kegiatan ini sudah berlangsung Sabtu (11/2) dan akan berakhir Sabtu (18/2) di Medan. Arth, dm / biro informasi