HKBP Pekanbaru mengadakan peresmian renovasi pagar dan taman bunga yang dihadiri oleh Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing pada Sabtu (15/12/2018). Ompu i Ephorus HKBP dan Ompu Boru didampingi Praeses Pdt. Robert Silaban, M.Th dan Praeses Pdt. Mangantar Tambunan, M.Th beserta keluarga.  Kehadiran Ompu i Ephorus HKBP dalam acara ini dalam rangka memenuhi undangan panitia, sehubungan panitia mengetahui kalau Ompu i Ephorus berada di Pekanbaru dalam rangka melayani Pesta Puncak Orientasi Pelayanan dan Temu Pisah HKBP Distrik XXII Riau.

Ibadah peresmian ini dilayani oleh Pdt. Posma Naibaho, S.Th sebagai liturgist sekaligus membawakan doa syafaat. HKBP Pekanbaru merupakan salah satu gereja yang terdaftar dalam Distrik XXII Riau yang dilayani oleh Pdt. Posma Naibaho, S.Th, Pdt. Wandi Simanjuntak, S.Th, Pdt. Rita Simanjuntak, S.Th, Pdt. Ratna Pardede, S.Th, dan Gr. Bonar Sinaga.

Panitia renovasi pagar dan taman bunga AKBP Thamrin Parulian Situmorang menyampaikan sambutan atas kehadiran Ompu i Ephorus HKBP bersama rombongan yang telah menyempatkan waktu untuk menghadiri peresmian ini. Mengingat sejak masa kecil sampai saat ini, kami berbicara dengan sahabat saya Edison Siahaan, kita kecil disini, besar disini, kerja disini, dan kita telah menerima banyak berkat Tuhan, masakan kita harus melihat gereja kita dari dulu sampai sekarang tidak ada perubahan penampilan agar lebih asri dan indah. Itu awal dari ide untuk membuat gerakan membuat taman dan menata maupun merenovasi pagar gereja ini. Kami sungguh bersyukur kepada Tuhan dan berterimakasih kepada seluruh jemaat HKBP Pekanbaru yang benar – benar mendukung bahkan antusias memberikan partisipasinya untuk pembuatan taman dan renovasi pagar ini. Memang pelayan dan khususnya jemaat HKBP Pekanbaru sangat mendukung pengembangan pelayanan gereja dan ini sudah kami bersama – sama teman panitia semuanya, kata Ketua AKBP Thamrin Parulian Situmorang.

Tiba pada rangkaian acara peresmian Taman, Panitia memohon Ompu i Ephorus HKBP berkenan meresmikan taman yang telah selesai dibangun dengan lebih dahulu pengguntingan pita oleh Ompu Boru M. Br. Siahaan. Dengan dipandu Pdt. Posma Naibaho, Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing meresmikan taman tersebut dengan menandatangani prasasti yang akan dilekatkan di satu tugu kecil di bagian depan taman tersebut. Usai ibadah berlangsung, diadakan juga makan malam bersama tepat di depan taman yang baru diresmikan dan tak lupa juga untuk foto bersama.

Ompu i Ephorus HKBP mengapresiasi gerakan ini karena memang gereja bukan hanya memikirkan pelayanan di hari Minggu saja, tetapi bagaimana gereja juga memikirkan dan bertindak mencipta kenyamanan jemaat dan bagi siapa yang datang. Kalau dulu terobosan pelayanan Dr. I.L. Nommensen dengan 4 pilar diantaranya pendidikan, kesehatan, pelayanan sosial, dan pekabaran Injil. Ketika gereja juga memikiran mencipta taman yang asri, bersih, dan sejuk, itu juga upaya gereja memberikan kenyamanan bagi setiap orang, untuk besyukur kepada Tuhan dengan membuat tempat untuk santai, tenang, olahraga, dengan taman yang dihiasi beragam bunga, bahkan mungkin menjadi tempat untuk menemukan inspirasi hidup. //Penulis, Pdt. Alter Pernando Siahaan