“Selamat ulang tahun, Ompu i,” tutur salah seorang undangan yang datang ke perayaan ulang tahun Pdt Dr Darwin Lumbantobing, Ephorus HKBP, yang ke-62 tahun, Rabu (22/8). Turunnya hujan rintik-rintik tidak lantas memberatkan langkah kaki Pimpinan HKBP, staf, pegawai, praeses, dan tamu undangan untuk ke Rumah Dinas Ephorus HKBP di komplek Kantor Pusat HKBP, Pearaja, Tarutung.

Acara ibadah dilayani oleh Pdt Saor Hutagaol STh, Pendeta HKBP Ressort Pearaja, sebagai liturgis dan Praeses Pdt Dr Deonal Sinaga. Dalam khotbahnya yang didasarkan pada Mazmur 101: 1, 107: 1, 119: 1 – 7, ia menekankan sikap manusia yang selalu bersyukur kepada Tuhan. Rasa bersyukur ini diperhadapkan dengan apa yang dimiliki manusia itu sendiri di dalam kehidupannya.

Mengangkat kisah seorang tokoh inspiratif, Nick Vujicic, Praeses Deonal menekankan arti bersyukur atas apa yang dimiliki seseorang di dalam dirinya. Itu merupakan cara bersyukur yang paling mendasar.

Rasa bersyukur ini juga diutarakannya bagaimana HKBP memiliki seorang Ephorus Pdt Darwin Lumbantobing yang tidak hanya menjadi berkat bagi seluruh jemaat HKBP, tapi turut juga menjadi berkat bagi setiap orang yang berjumpa dengannya.

Perayaan ultah ini digagas oleh staf dan pegawai Kantor Pusat HKBP. Karenanya, acara ini begitu sederhana dan diikuti oleh warga jemaat HKBP yang berada di sekitar kantor.

Diberitakan oleh Pemandu Acara, Pdt Mauli Aritonang STh, persembahan di dalam ibadah diberikan kepada korban kebakaran di Dolok Sanggul.

Sekolah Tinggi Diakones memberikan kado berupa gambar peta Indonesia dengan warna batik. Pemberian kado ini sambil diiringi dengan nyanyian dari paduan suara dan diselingi dengan puisi.

Meniup Lilin Ultah

Seusai ibadah, pegawai membawa kue ultah ke depan. Turut juga kue ultah dari anak sekolah minggu HKBP Pearaja dibawa. Sebelum meniup lilin, Ephorus bersama Ompuboru M Siahaan meminta menantunya (Batak: Hela) dr Doval Hutabarat SpJ, anak perempuannya Gracia Lumbantobing, anaknya Nathan Lumbantobing ST bersama dengan istrinya dr Boru Situmorang yang hadir untuk berdoa bersama.

Pemandu acara mengisi acara dengan seling-selingan nyanyian, tarian tortor, doorprize, dan penyampaian ucapan ultah dari tamu-tamu undangan, seperti Universitas HKBP Nommensen Medan dan Pematangsiantar, Sekolah Tinggi Diakones, Paduan Suara Persekutuan Kaum Bapak dari HKBP Pearaja, para pelayan jemaat yang hadir, pegawai dan pelayan yang berada di kantor.

Turut hadir juga Besan Pdt Darwin Lumbantobing, Keluarga Napitupulu, dan Keluarga Bapak Tuanya yang ikut bersama berdoa. Biro Informasi