Sukacita jemaat yang berjumlah delapan kepala keluarga HKBP Sukarame begitu terpancar di saat rombongan Praeses HKBP Distrik I Tapanuli bagian Selatan – Sumatera Barat Pdt Horas YM Purba MTh dan jemaat dari seluruh jemaat pagaran di HKBP Ressort Simangambat pada Sabtu (24/3). Turut hadir, mulai dari anak sekolah minggu, remaja dan pemuda (naposobulung), paduan suara kaum bapak dan paduan suara kaum ibu walaupun  jarak tempuh serta perjalanan yang melewati lembah perbukitan mereka lalui, tetapi tidak menyurutkan semangat mereka ikut serta menyukseskan Evangelilasi Malam Dana tersebut. Hal ini lebih bersukacita lagi ditambah kehadiran Dr Ronsen Pasaribu yang merupakan Putera Daerah Sigolang, menambah semangat seluruh  jemaat yang hadir.

“Karakteristik budaya ke-dulu-an masih sangat dipertahankan, bisa kami liat yang di mana martumba masih tetap bisa dipertunjukan di kegiatan ini,” ujar Praeses Horas Purba. Martumba ini dilakukan oleh anak sekolah minggu yang bertepuk tangan sambil menari dan bernyanyi sambil  menyebutkan nama-nama tokoh mulai dari perangkat desa, pemerintahan, pimpinan gereja tingkat jemaat sampai pusat, supaya membuka hati  yang disebutkan namanya untuk menyumbang pada pembangunan HKBP Sukarame. Juga ada tortor sekolah minggu, dari kaum bapak, kaum ibu, parhalado seluruh ressort Simangambat, serta gereja tetangga dan lelang bersama, yang di mana seluruh jemaat yang hadir ikut serta menyumbang, yang hasilnya diberikan sepenuhnya untuk pembangunan gereja tersebut.

Kalau kita lihat dari segi geografis, HKBP Sukarame terletak di Kabupaten Tapanuli Utara tepatnya di daerah Silantom Tengah, tapi karena jarak yang dekat ke Simangambat, maka jemaat yang berjumlah delapan kepala keluarga ini bergabung ke HKBP Ressort Simangambat. Jumlah jemaat pagaran ada delapan meliputi HKBP Simangambat 44 KK sebagai induk ressort, Galanggang 22 KK, Sipangimbar 75 KK, Silantom Julu 140 KK , Sukarame delapan Kepala Keluarga, Silantom Jae empat KK , Ulu Manis tiga KK  dan Sigolang 45 KK.

Minggu Palmarum (25/3) merupakan Puncak Pesta Pembangunan HKBP Sukarame. Diawali prosesi dari rumah Sintua Boru Ritonga (Nyonya Harianja) selaku pimpinan jemaat Sukarame. Seusai prosesi, Praeses Horas Purba langsung melakukan penanaman Pohon di pekarangan gereja yang diikuti oleh Pdt Arga Tambunan selaku Pendeta Ressort, Sintua Boru Ritonga dan Ronsen Pasaribu. Penanaman pohon ini selalu dilakukan setiap kunjungan Praeses Horas Purba, sesuai program HKBP di Tahun Kesehatan dan Kebersihan dalam Lingkungan Hidup 2018. Ibadah tersebut dihadiri oleh persekutuan koor kaum bapak Silantom Julu beserta remaja dan pemudanya, persekutuan koor kaum bapak serta remaja dan pemudanya Sipangimbar, persekutuan koor kaum bapak Simangambat, persekutuan koor gabungan Simangambat, Koor Ina Gloria, Koor Ama Sigolang, Koor Ina Ester Sipangimbar dan Koor Ina Simagambat.

Pada Kotbahnya yang di pimpin  Horas Purba mengangkat Topik “ Somba ma Debata Pargogo Na So Hatudosan “ (Psalmen 99 : 1 -5 ) yang menyerukan kepada semua Jemaat Sukarame Khususnya , “walaupun jemaatnya  sedikit tapi tetap bersatu dan menjaga kebersamaaan dan tetap Penuh Sukacita, kita bisa Lihat saat ini kebersamaan kita semua , dari seluruh ressort Simangambat hadir dan turut menyukseskan acara ini, setiap yang datang memberikan sumbangsih dengan sukacita, Percayalah Tuhan senantiasa memberikan berkat untuk kita semua “ tutur horas Purba, dan Liturgis dalam ibadah Oleh Pdt.Arga Bona Fernanda Tambunan.

Seusai Ibadah acara dilanjutkan makan bersama sambil mengadakan  lelang yang bahan lelang tersebut dibawa oleh masing-masing jemaat. Yang hasil lelangnya di peruntukkan untuk pembangunan HKBP Sukarame, dilanjutkan dengan Tor-tor dari masing huria yang hasil tor-tor tersebut disumbangkan juga untuk pembangunan Gereja tersebut , adapun susunan Pantia Pembangunan Gereja HKBP Sukarame Ketua Jepri Harianja Sekretaris Arden Pakpahan, bendahara Herdianto Sitorus dan Guru Jemaat Sintua Tiruli Boru Ritonga, Calon Pelayan Haly Halpikal Nababan dan Pendeta Ressort Arga Tambunan. Acara di akhiri dengan suka cita walaupun belum sepenuh nya Dana terkumpul, namun jemaat yang delapan kepala keluarga tersebut Percaya tidak yang mustahil bagi Tuhan dan Untuk Berdirinya Rumah Tuhan, walaupun sekarang bentuk bangunan berupa rumah Kayu , tapi kami percaya ini akan bisa kami bangun menjadi Gereja yang permanen dan dengan Doa kita semua jemaat HKBP Sukarame ini dapat bertambah nantinya”  tutur Tiruli Ritonga .

Untuk Bantuan ke HKBP Sukarame Ressort Simangambat Distrik I Tabagsel –Sumbar bisa Disalurkan Ke  Rekening BRI 5391-01-004757-53-2 an.Tiruli Ritonga Uluan Huria HKBP Sukarame, Kontak Person Pendeta Ressort : Pdt.Arga Bona Fernando Tambunan 085275216087. Setiap Penyumbang dapat mengirim bukti transfer ke Whatsapp Kontak tersebut supaya Panitia dapat memberikan bukti Penerimaan sumbangan tersebut. (Maraden Sakti Lubis)