"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

Ephorus: Visioner adalah Ciri Khas Orang Beriman

“Jangan takut, jangan menyerah, juga jangan bermental instan. Lihatlah jauh ke depan rencana indah Allah dalam hidupmu. Ia sanggup melakukan perbuatan besar dan Ia juga adalah Allah yang patut di percaya,” ungkap Ephorus dalam refleksi khotbah Minggu 13 Maret 2022.

Sudah menjadi kebiasaanya, bila Ephorus tidak melayani kegiatan terjadwal seperti MBO (Mameakhon Baju Ojahan) atau pelayanan menyampaikan tahbisan, yang merupakan tugas kekhususan Ephorus yang tidak bisa didelegasikan, maka Ephorus selalu memilih gereja yang relatif kecil jumlah warga jemaatnya atau sedang dalam pergumulan tertentu. 


Di Minggu Reminiscere ini (artinya: Ingatlah segala rahmat-Mu dan kasih setia-Mu, ya TUHAN) Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar melayani di Pos Parmingguon Lippo Karawaci.

Firman Tuhan yang diperdengarkan dan dihayati oleh warga HKBP pada minggu ini tertulis di Kejadian 15:1-6. Disaksikan bahwa Abram, yang kemudian menjadi Abraham mulai ragu akan janji berkat Tuhan kepadanya, sementara sampai usia tuanya ia tidak kunjung memiliki anak. Lalu Tuhan Allah hadir menegaskan kepadanya, bahwa keturunannya akan sangat banyak seperti jumlah bintang di langit dan pasir di laut.


Firman ini semakin menguatkan 71 KK warga jemaat PP Lippo Karawaci menjadi jemaat yang visioner. Berusaha melihat rencana Allah yang sedang dikerjakan-Nya bagi orang percaya. Jemaat juga diajak untuk tetap setia hidup dalam janji Tuhan, walaupun kondisi saat ini masih sulit. Bahkan, bukan tidak mungkin IMB yang sedang diperjuangkan saat ini, pada waktu-Nya juga akan indah.


Ephorus juga mengajak warga jemaat mengingat bagaimana kasih setia dan rahmat Allah kepada mereka di masa lampau, demikian jugalah Allah akan mengasihi dan memberikan rahmat-Nya pada hari ini dan akan datang.


PP Lippo Karawaci ini merupakan bagian pelayanan dari HKBP Resort Serpong Distrik XXI Banten. Saat ini dilayani oleh Pdt. Johannes P.Z. Butarbutar bersama 9 sintua. Meski di tengah perjuangan untuk mendapatkan IMB, jemaat HKBP PP Lippo Karawaci juga turut menopang Dana Pensiun dengan memberikan donasi Rp 20 juta melalui Ephorus. (SKE_JFS)

Pustaka Digital