Lokakarya Penulis Buku PA Remaja & PA Pemuda HKBP Di Wisma Tabor-Parapat

Jumat-Minggu, 27-29 Januari 2023 telah berlangsung lokakarya dan pelatihan untuk penulis buku PA Remaja HKBP dan PA Pemuda HKBP edisi Juli-Desember 2023 di Wisma Tabor, Parapat. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Departemen Koinonia HKBP melalui Biro SMIRNA (Sekolah Minggu, Remaja, Naposobulung) yang dipimpin oleh Pdt. Toho Sinaga, S.Th., M.I.Kom., bekerja sama dengan APIIS (Asia-Pacific Institute of International Studies) – PIC (Pastor’s International Club) Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penulis dan tulisan dalam buku PA (Penelaahan Alkitab) Remaja dan PA Pemuda yang diterbitkan Departemen Koinonia HKBP tiap semester. Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bentuk pengejawantahan moto pelayanan Departemen Koinonia Striving for Excellence yang diusung oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga. Para peserta lokakarya penulis Buku PA Remaja dan PA Pemuda HKBP ini berasal dari berbagai latar belakang. Beberapa merupakan mahasiswa, calon pelayan, dan pelayan penuh waktu. Keberagaman latar belakang ini juga diharapkan dapat membantu para penulis memperkaya pemahamannya tentang tulisan yang akan dibuat.


Pada hari pertama lokakarya, peserta diberi bekal motivasi oleh Pdt. Toho Sinaga serta penjelasan singkat mengapa tulisan dalam buku PA ini sangat krusial bagi pertumbuhan iman remaja dan pemuda dalam gereja. Setelah itu, penulis diundang untuk melihat lebih jelas konteks remaja dan pemuda secara umum dan secara khusus dalam HKBP. Kedua penjelasan tentang konteks remaja dan pemuda ini dibawakan oleh Cici Febry Manalu dan Bvr. Marthalena Sinaga. Pada dua sesi pertama ini, sudah berjalan dengan hangat karena ada banyak sekali tantangan yang didiskusikan dan dicarikan jalan keluarnya secara bersama-sama.


Pada hari kedua, para peserta menerima materi tentang metode penulisan PA, metode penafsiran Alkitab, serta alternatif kegiatan yang bisa dilakukan ketika akan mengeksekusi satu bahan PA. Semua materi ini dipaparkan untuk memperluas pemahaman penulis tentang inovasi yang bisa dilakukan dalam meramu bahan PA remaja dan pemuda yang relevan. Pada hari ini juga, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, menyapa penulis lewat ruang virtual, zoom. Dalam sapaannya, Pdt. Dr. Deonal Sinaga menyampaikan beberapa pesan penting untuk penulis. Di antaranya, Ka. Dep. Koinonia mengungkapan rasa syukur atas kesediaan penulis untuk membantu HKBP lewat tulisan. Kedua, penulis perlu tetap menjunjung tinggi nilai-nilai orisinialitas tulisan dengan tidak melakukan tindakan plagiarisme.

Pada hari ketiga, penulis dan seluruh panitia beribadah di HKBP Parapat dan mempersembahkan satu lagu pujian pada ibadah 09.30 WIB. Lokakarya ini ditutup pada Pkl. 12.00 WIB dan seluruh peserta dipersilahkan kembali ke tempat pelayanan masing-masing setelah makan siang bersama. Seluruh biaya untuk kegiatan ini sepenuhnya disponsori Gospel Light for Indonesia (GLFI). (DK-MS)



Pustaka Digital