Renungan Harian HKBP | 6 April 2023

Syalom selamat pagi Bapak/ ibu, Saudara/ i. Dimanapun berada saat ini sebelum memulai aktivitas hari ini kita terlebidahulu mendengarkan firman Tuhan, kita bersaat teduh sejenak.

 

Doa Pembuka: Kita Berdoa! Kami sungguh bersyukur Tuhan atas kebaikanMu yang telah memberikan firmanMu bertumbuh di dalam kami melalui hamba-hamba Tuhan, sehingga kami boleh percaya dan memegang teguh ajaran firman Tuhan yang menjadi teladan bagi kami untuk menjalani kehidupan kami sebagai orang percaya yang saling melayani satu dengan yang lainnya dan saat ini juga kami ingin mengawali aktifitas kami dengan mendengarkan firmanMu kuasai hati dan pikiran kami Tuhan supaya kami dapat menerima dan memahami firmanMu, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

 

Firman Tuhan untuk kita hari ini tertulis dari :Yohanes 13:15 sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu”.

Yesus Kristus adalah tokoh sentral dalam keteladanan iman kita. Segala perkataan dan perbuatan yang dilakukan-Nya merupakan serangkaian keteladanan hidup, belajar, bekerja dan melayani Allah. Tuhan Yesus menegaskan bahwa mereka menyebut diri-Nya sebagai Guru dan Tuhan. Untuk itu, Tuhan Yesus menyatakan bahwa perkataan mereka itu benar dan tepat. Sebab diri-Nya memang benar Guru dan Tuhan. Oleh sebab itu, apabila Tuhan Yesus adalah Guru dan Tuhan membasuh kaki mereka, maka mereka pun wajib saling membasuh kaki di antara mereka.


Melalui ayat Firman Tuhan ini, Tuhan Yesus Kristus mengingatkan bahwa dirinya sudah memberikan suatu teladan kepada murid-muridNya. Teladan itu diberikan-Nya kepada mereka supaya mereka juga berbuat yang sama, seperti yang telah diperbuat-Nya kepada mereka. Yesus Kristus menghendaki supaya kita murid-muridNya saling merendahkan diri dan saling melayani sebagaimana Kristus melayani murid-muridNya. Kita semua orang percaya adalah hamba Kristus yang melayani. Tidak ada seorangpun dari antara kita yang berhak merasa lebih tinggi dari yang lain dihadapan Tuhan sehingga kita membuat kedudukan kita lebih agung dan seolah lebih mulia dari yang lain.

Hidup kita sebagai orang percaya adalah hidup yang saling melayani sebagaimana keteladanan yang diberikan Tuhan Yesus kepada kita. Kerendahan hati kita sebagai hamba yang melayani adalah bukti nyata yang menunjukkan bahwa kita sungguh-sungguh murid Kristus. Amin.


Doa Penutup: Kita Berdoa! Terima kasih Tuhan untuk firmanMu yang boleh kami dengarkan pada hari ini, bahwa engkau Telah memberikan contoh keteladan kepada Murid-muridMu dan kami orang percaya tentang kerendahan hati dan hidup sebagai hamba yang melayani. Mampukan kami Tuhan untuk menjadi orang-orang menghidupi keteladan yang engkau berikan, supaya kami dapat saling melayani satu dengan yang lainnya dan kerendahan hati. Kuatkan serta teguhkan hati kami, ya Tuhan agar kami mampu untuk saling melayani demi kemuliaan Tuhan. Anugerah Tuhan Yesus Kristus dan kasih setia Allah Bapa dan persekutuan Roh Kudus yang menyertai kita sekalian. Amin.



Bvr. Pawani Panjaitan- Fungsional di Biro Pekabaran Injil HKBP

Pustaka Digital