Kamis
(29/07/2021) Biro Pembinaan HKBP menyelenggarakan Pemberdayaan Pelayan Penuh
Waktu dan Pegawai Kantor Pusat HKBP dengan tema “Excellent Service” di gedung
Raja Pontas Lumbantobing. Pembicara dalam kegiatan ini adalah Bpk. Luhut
Sagala, CITD (Managing Director LUSAGA Training & Consulting) dan Bpk.
Hermanto Kosasih (EQ Master Trainer-Jakarta). Kegiatan ini dihadiri oleh 20
peserta secara onsite dan 43 peserta secara virtual. Kepala Biro
Pembinaan HKBP, Pdt. Dr. Enig S. Aritonang membuka acara kegiatan ini.
Beragam
tantangan dihadapi oleh HKBP pada masa-masa kini antara lain: tawaran-tawaran
menarik dari gereja-gereja lain, ajaran-ajaran tradisional maupun juga dari
sekte-sekte lain yang mulai muncul ke permukaan, serta adanya perkembangan
dalam dunia hiburan yang mampu membuat banyak jemaat HKBP dapat berpindah dari
HKBP.
“Penerapan
Excellent Service dimulai dengan menjaga kebersihan dan keindahan dari
tempat pelayanan Kantor Pusat seperti area parkir, toilet, ruang tunggu, taman,
serta ruangan kantor sehingga orang-orang yang datang berkunjung akan merasa
nyaman” kata Luhut.
“Para
pelayan dan pegawai harus selalu mampu menerapkan keramahtamahan yang baik
seperti memberikan senyum, sapa, dan salam kepada para tamu yang datang.
Pelayanan yang seperti ini sangatlah dibutuhkan untuk memberikan penilaian yang
bagus serta menciptakan suasana kerja yang ramah dan nyaman di Kantor Pusat
HKBP” tambah Luhut.
“Sangat
penting untuk menciptakan suasana yang nyaman kepada jemaat ataupun tamu-tamu
yang datang ke Kantor Pusat HKBP. Perlu juga untuk memperhatikan penampilannya
agar senantiasa menarik untuk dilihat orang lain.” kata Hermanto.
Hermanto
memberikan ilustrasi melalui video singkat mengenai pelayanan dari seorang
resepsionis hotel yang selalu memberikan pelayanan yang ramah dan murah senyum,
berpenampilan menarik, serta mampu menciptakan obrolan-obrolan singkat untuk
memberikan kenyamanan kepada para tamu yang datang.
Seperti itulah pelayanan yang diharapkan untuk
dilakukan oleh para pelayan penuh waktu dan pegawai di Kantor Pusat. Dengan
demikian HKBP dapat memberikan excellent
service ketika menerima kedatangan para tamu baik dari jemaat maupun juga
dari luar jemaat HKBP.
Semoga
pelayanan yang diberikan oleh para pelayan penuh waktu dan juga pegawai Kantor
Pusat HKBP akan semakin meningkat dengan selesainya seminar Excellent
Service ini dan kedepannya Kantor Pusat HKBP mampu menjadi contoh baik bagi
gereja-gereja HKBP maupun juga gereja dan kantor-kantor lainnya dalam penerapan
Excellent Service. (LTN)