Hospitality, Culinary, and Digital Marketing

Hari kedua (05/04/2022) Diklat
Kepariwisataan: Hospitality and Culinary yang diselenggarakan
oleh HKBP melalui Departemen Koinonia-Biro Pembinaan berjalan dengan baik.
Peserta dibagi kedalam tiga bagian pelatihan yaitu Hospitality, Culinary,
dan Digital Marketing. Hospitality diajarkan oleh Ibu Justina
Puspawati, B.Sc, Culinary diajarkan oleh Ibu Yelly Walansendow, S.E.,
S.ST.Par., M.Si. dan Digital Marketing diajarkan oleh Ibu Lucia Dhenok.
Peserta yang mengikuti kelas Hospitality dan Digital Marketing di
Gedung Museum dan Arsip HKBP sementara peserta kelas Culinary di Ruang Menza
Seminari HKBP Sipoholon.

“Hal yang paling penting untuk dimiliki
oleh orang-orang yang bekerja dibidang Hospitality baik perhotelan,
restoran, usaha mandiri, dan lainnya adalah keinginan untuk melayani. Keinginan
melayani penting untuk ada dalam setiap orang yang bekerja dibidang hospitality
sehingga pelayanan yang mereka berikan betul-betul tulus dan dapat dirasakan
oleh para tamu yang datang sehingga mereka mendapatkan ketertarikan tersendiri
untuk kembali lagi ke tempat kita bekerja.” jelas Justina mengenai Hospitality.


Di dalam kelas Culinary, materi
mengenai Tourismpreneur/ Enterpreneurship disampaikan oleh Ibu Yelly
Walansendow. Peserta kelas Culinary yang sebanyak 38 orang ini diajarkan
untuk mengenal apa saja materi atau aspek yang dapat dikembangkan di dalam
kepariwisataan.
Kemudian narasumber
juga bertanya kepada para peserta apa saja daya tarik atau kelebihan apa yang
dimiliki oleh peserta masing-masing dan juga wilayah dari mana mereka berasal. Ketika
mereka sudah mengenal ketertarikan mereka, sumber daya alam apa saja yang berasal
dari wilayah mereka, juga daya tarik apa yang bisa ditawarkan di mana mereka
tinggal, maka mereka bisa mengembangkannya dengan baik.

“Mau tidak mau
dalam keadaan saat ini semua orang yang memiliki usaha ataupun pekerjaan harus
aktif dalam media sosial serta memahami digital marketing dengan baik. Dengan
demikian produk-produk yang kita miliki dapat dijangkau secara luas oleh orang
banyak dan sesuai target pasar.” ucap Lucia dalam penjelasannya mengenai
Digital Marketing.


Kiranya melalui
sesi hari ini ini, para peserta dapat semakin membuka pikiran, menerima
pengajaran dengan baik, dan menerapkannya, sehingga ilmu yang mereka terima
dapat digunakan dengan baik. (BP-LTN/VBM)

Scroll to Top