Setelah 3 hari mengadakan Rapat Praeses HKBP 2019, maka Kamis (21/2) Ompui Ephorus menutup Rapat Praeses. Acara diawali dengan Ibadah penutup dipimpin oleh Pdt. Kancon Nababan, SmTh (Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Hasundutan), Pengkotbah Pdt. Dr. Fritz Sihombing (Praeses Distrik XV Sumbagsel) dan Doa Syafaat dibawakan oleh Pdt. Renova Sitorus, STh (Praeses HKBP Distrik III Tanah Alas).

Dalam kotbahnya yang diambil dari Mazmur 9:11b, Pdt. Dr. Fritz Sihombing menyampaikan bahwa Firman Tuhan tidak berbicara disituasi sembarang dan tidak dibuat-buat. Situasi yang kita hadapi menyatakan kepada kita bahwa Tuhan selalu menyertai kita, menyertai HKBP, menyertai siapa yang percaya dan mengenal Tuhan. Dalam situasi pengalaman iman kita, kita diajak melihat bagaimana kita menjalankan operasional iman kita. Bukan masalah jauh dekatnya Tuhan dengan kita, karena Tuhan sendiri mengatakan bahwa barangsiapa yang memperhatikan mereka yang kecil ini, itu sama dengan memberi kepada Tuhan. Sebentar lagi kita mengadakan Perjamuan Kudus. Perjamuan kudus mempertemukan manusia dengan harapan dengan Kristus, mempertemukan Kristus di dalam kita.

Sebelum mengetuk palu 3 kali sebagai tanda resminya ditutup Rapat Praeses, Ompui Ephorus menyampaikan ucapan terimakasih kepada Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta, Praeses HKBP Distrik XIX Bekasi, Praeses HKBP Distrik XXVIII Deboskab, Praeses HKBP Distrik XXI Banten, Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy sebagai Sterring Comittee, terutama kepada kepada Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy Pdt. Danner Siregar, MA sebagai Penanggungjawab, kepada Panitia: Brigjend TNI (Purn) Charles Simanjuntak (Ketua I), St. Rizal Hutabarat, SH, MA (Ketua II), Pdt. Halomoan Marpaung, STh, MPsi (Sekretaris I), St. Sahala Lumbantoruan, SE (Sekretaris II), St. Farida Br Manik (Bendahara) dan semua panitia yang ada. “Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberkati dan melimpahkan anugrahnya buat panitia dan buat keluarga.

Acara diakhiri dengan Perjamuan Kudus. Aacar di isi dengan Koor dari kumpulan Istri Pimpinan dan Praeses dan Koor Panitia Rapat Praeses.