100 Tahun Jemaat HKBP Lae Hole Distrik Dairi

DAIRI, hkbp.or.id - Tradisi kekristenan merayakan Peristiwa Pentakosta sebagai peringatan akan hari lahirnya Jemaat Kristen di dunia ini. Bertepatan dengan hari Pentakosta, Jemaat HKBP Lae Hole merayakan Jubileum 100 tahun yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan (19/5/2024).


Ibadah dilayani oleh Praeses HKBP Distrik Dairi, Pdt. Sampur Manullang sebagai Liturgis dan Pdt. Jedutun Purba, Pendeta Resort HKBP Lae Hole, membacakan ringkasan sejarah berdirinya Jemaat Lae Hole.


Khotbah yang disampaikan Pdt. Victor Tinambunan berdasar kepada Kisah Para Rasul 2: 1-13 tentang peristiwa turunnya Roh Kudus pada hari Pentakosta.

Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menyampaikan apabila kita mendengar di luar sana ada yang berkata bahwa Roh Kudus tidak ada di HKBP, nas khotbah ini menegaskan bahwa Roh Kudus berkarya di semua jemaat dan juga di kehidupan kita masing-masing sehingga kita menjadi Pemberita Injil di setiap profesi yang Tuhan anugerahkan bagi kita.


Pdt. Tinambunan juga menyampaikan bahwa Roh Kudus memenuhi kehidupan kita semua sehingga kita menghasilkan buah-buah Roh; kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Bukan buah diri sendiri melainkan buah-buah Roh Kudus yang membuat kita menjadi manusia baru yang mencintai Tuhan dan mengasihi seluruh ciptaan-Nya.


Nas khotbah kita mencatat bahwa pada peristiwa Pentakosta bertambah jumlah orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, tercatat tiga ribu orang dibaptis dan para rasul disukai oleh semua orang (ay. 47).

Inilah yang membuat kita bersukacita, ketika melalui kehidupan kita orang di sekitar bisa merasakan kebaikan Tuhan dan bahkan menjadi mengenal dan percaya kepada Tuhan Yesus. Kita bisa disukai oleh orang di sekitar apabila seperti visi misi HKBP yaitu menjadi berkat bagi dunia, tutup Pdt. Tinambunan dalam khotbahnya.


Reformator Gereja, Martin Luther pernah berkhotbah tentang Pentakosta menyampaikan bahwa Roh Kudus memenuhi seluruh jemaat dan mengalir di hati semua orang sehingga menjadi Pemberita Injil yang mencintai Allah dan melaksanakan kehendak Allah yaitu mengasihi seluruh ciptaan-Nya.

"The Holy Spirit falls from heaven and fills all the company assembled together, manifesting itself upon them in cloven and fiery tongues, causing them to preach boldly and with a power they had not before, so that all the people were pricked in their hearts and marveled."

"The Holy Spirit streams into the heart and makes a new man, one who now loves God and gladly does his will."

(The Sermons of Martin Luther, Volume III: 273-287, Grand Rapids, MI)

Ibadah dihadiri oleh ribuan warga jemaat yang datang dari seluruh jemaat cabang HKBP Lae Hole dan juga para pelayan penuh waktu yang pernah melayani di HKBP Resort Lae Hole dan Pendeta di HKBP Distrik Dairi.


(SKS-NS)

Pustaka Digital