"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

25 Tahun HKBP Eben Ezer, Small is Beautiful

Kebaktian syukur 25 tahun HKBP Eben Ezer yang terletak di Pulau Samosir berlangsung  khidmat dengan sentuhan musik dan budaya batak. 


Gereja yang hanya berjarak 100 meter dari Sopo Toba Hotel ini, kini berjumlah 60 kepala keluarga atau 224 jiwa. Kendati berjumlah relatif sedikit sejak berdirinya pada 25 Agustus 1996, gereja ini telah sadar pariwisata sejak lama. 

Ini terlihat dari bentuk bangunan dan lingkungan gereja yang tertata rapi dan bersih sehingga jemaat betah beribadah dan melakukan aktivitas di sekitar Gereja serta menarik perhatian para wisatawan dapat berkunjung. Oleh karena itu, warga dan majelis gereja mengusung moto "Small is Beautiful" kecil nan indah. 


Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbuatar, Praeses HKBP Distrik VII Samosir, Pdt. Rein Justin Gultom, Pendeta Resort, Pdt. H. Bilmer Panjaitan, bersama para pendeta yang pernah melayani di gereja ini, turut serta dalam kebaktian syukur ini. Tak hanya itu, beberapa Pendeta HKBP yang melayani di Samosir turut hadir dalam Syukuran HKBP Eben Ezer. 



Firman Tuhan yang menyapa pada hari Minggu ini tertulis di Mazmur 146:1-10, mengajak semua yang hidup untuk memuji Tuhan. Ajakan pemazmur ini, dikarenakan Tuhanlah Pencipta segala sesuatu. Ia menolong dan menegakkan keadilan, bahkan memberikan semua yang diperlukan oleh ciptaan-Nya. Sehingga wujud pujian itu pada orang percaya masa kini adalah turut serta menjaga dan merawat semua ciptaan Tuhan. 


Dalam kebaktian yang memadupadankan liturgi HKBP dengan musik dan budaya batak ini, Keluarga Besar Op. Basaria Simarmata br. Gultom, pemilik Sopo Toba Hotel turut menyerahkan sertifikat lahan dan pargodungan HKBP Eben Ezer.







Rangkaian acara ini dapat kita lihat di kanal youtube HKBP, dengan link https://www.youtube.com/watch?v=j8tOyz_GVB4 (SKE_JFS)

Pustaka Digital