"Alai di Kristus do hamu, jala di Debata do anggo Kristus.

Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah."

1 Korint 3:23

47 KK Jemaat HKBP Dolok Nauli Rayakan Jubileum 100 Tahun dan MBO

Jemaat berjumlah 47 KK Bersukacita rayakan Jubileum 100 tahun HKBP Dolok Nauli Resort Hutabarat Distrik II Silindung dan dipadu dengan acara  Peletakan Batu Alas gereja, dalam bahasa Batak disebut Mameakkhon Batu Ojahan (MBO). Gereja ini berdiri pada 18 Juli 1921, terletak di Desa Parbaju Tonga, Kecamatan Tarutung, Tapanuli Utara. 



Perayaan dilaksanakan selama dua hari (17-18/7/2021).  Hari pertama, kegiatan dilakukan oleh jemaat itu sendiri, disebut sebagai  "pesta suhut" dipimpin pendeta HKBP Resort Hutabarat, Pdt. Osban Ruddin Silitonga. 

Hari kedua dilaksanakan ibadah Minggu Jubileum dan MBO yang dipimpin Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar.


Ephorus menekankan dalam khotbahnya  dari Efesus 2: 11-22 kepada seluruh jemaat, bahwa  terberkati setiap orang yang hidup dalam damai dan mau berdamai dengan sesamanya. Yesus Kristus telah menebus, memperdamaikan kita dengan diriNya. Ia mau berdiam dan bersekutu dengan kita.  sungguh sangat indah hidup dalam kesatuan persekutuan yang dipenuhi kedamaian bersama sesama. Itulah jubileum. Keselamatan yang menghasilkan sukacita dan sorak-sorai. 


Perayaan Jubileum dan MBO diketuai oleh Rapidin Situmorang.  Persiapannya  telah dimulai sejak tahun 2019 lalu. Seluruh jemaat merindukan terwujudnya sekolah PAUD sebagai milik gereja. Gedung PAUD telah diresmikan pada 19 Juli 2020, tetapi belum beroperasi hingga kini karena dana dan hal lain. Sekolah PAUD tersebut menjadi "monumen hidup" yang dapat mencerdaskan anak bangsa.  Pendidikan prioritas utama sebagai buah spritualitas jemaat. Satu kebanggaan gereja ini, dua orang dari warga jemaat telah menjadi Pendeta HKBP, yaitu Pdt. Ebsan Hutabarat, M.Th dan Pdt. Robinson Sitorus.

Pada acara pesta, Ephorus menyematkan ulos yang disediakan panitia kepada  jemaat, anak rantau, tamu-tamu undangan khusus dan mendoakannya. Seluruh kegiatan berlangsung dengan baik dan tamu-tamu undangan turut berpartisipasi memeriahkan perayaan sesuai dengan penataan panitia.


Semua penatua yang melayani jemaat gereja terlibat dalam kepanitiaan Jubileum dan MBO. Jumlah penatua di gereja ini sebanyak 10 orang, yaitu; St. Jamin Simanjutak, St. Maradu Hutabarat, St. Halomoan Hutabarat, St. Bona Padde Situmorang, St. Frengky Hutabarat, St. Mangatur Simatupang, St. Syahrial Hartono Lumbantobing, St. Parulian Simanungkalit, St. Sarmina Hutabarat dan St. Lorenta Simangunsong.


Ephorus bersama ibu Srimiaty Simatupang hadir didampingi kepala Biro Jemaat, Pdt. Tumpak Siahaan, S.Th, Kepala Biro Pembinaan, Pdt. Dr. Enig S. Aritonang, Kepala Biro TIK, Pdt. Fortunate SMM Siagian, S.Th, Wakabiro Jemaat  Pdt. Berton Hutapea, S.Si dan Kabag Inventaris, Pdt. Freddy Tinambunan, S.Th,  MM. (B.TIK)

Pustaka Digital