"Jadi ro ma hata ni si Samuel tu sandok Israel songon on: Molo tung mulak hamu tu Jahowa sian nasa rohamuna, sai paholang hamu ma angka debata sileban sian tongatongamuna, ro di angka sombaon Astarot, jala marsihohot rohamuna tu Jahowa, jala sasada Ibana oloi hamu, asa dipalua hamu sian tangan ni halak Palistim.

Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian: "Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah-tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin.""

1 Samuel 7 : 3

Acara Puncak Youth Gathering Naposobulung HKBP Distrik IV Toba

Minggu, 03 Juli 2022, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga melayankan khotbah pada kebaktian Minggu di HKBP Janji Matogu Godung, Resort Janji Matogu, Distrik IV Toba bersamaan dengan acara puncak Youth Gathering Naposobulung HKBP Distrik IV Toba. Rombongan Pdt. Deonal Sinaga tiba di lokasi gereja sekitar pukul 09.30 WIB dan langsung disambut panitia dan para pelayan fulltime di Distrik Toba yang sudah lebih dahulu tiba di lokasi.



 



Sejenak Pdt. Deonal Sinaga berkeliling kompleks gereja yang tepat berada di pinggir pantai Danau Toba. Cal. Pdt. Donni Manurung, S.Th., selaku pimpinan jemaat HKBP Janji Matogu Godung, menceritakan sejarah gereja HKBP Janji Matogu yang merupakan jemaat kedua, setelah HKBP Nommensen Sigumpar, yang berdiri di wilayah Toba pada 1879 oleh Misionar Ritzche.

 

Selama tiga hari dua malam, sejumlah 530 orang pemuda HKBP Distrik IV Toba berkemah di pekarangan gereja HKBP Janji Matogu Godung yang memang hijau dan cukup luas. Para peserta melakukan berbagai aktivitas dan mendengar ceramah. Salah satu puncak aktivitas mereka adalah penanaman pohon mangga bersertifikat yang dibawa oleh St. Edison Manurung, S.H., M.H., ketua DPP KMDT, di pekarangan gereja sesaat sebelum kebaktian Minggu dimulai.



 

Salah satu petikan khotbah Pdt. Deonal Sinaga menjelaskan, bahwa, “Berbuat baik itu indah. Berbuat baik itu mulia. Itu adalah tindakan terpuji dan sangat dibutuhkan di setiap tempat dan dalam setiap kondisi. Jika setiap orang berupaya berbuat baik, maka kita akan memiliki lingkungan dan dunia yang lebih aman, nyaman, damai, dan lebih layak untuk didiami. Di sana orang akan merasakan sukacita dan hidup dalam kepenuhan (fulness of life). Setiap orang menginginkan kebaikan. Setiap orang membutuhkannya. Kabar baiknya adalah, bahwa setiap orang, bagaimana pun situasi dan kondisi hidupnya, dia dapat berbuat baik. Dia memiliki sesuatu yang sangat dibutuhkan orang lain, dan jika itu diberikan dengan tulus ikhlas dan dengan kasih, pengaruhnya sangat besar.”

 


Dalam kebaktian ini juga hadir Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus, M.Sc., Sekda Toba, Agus Sitorus, beberapa Kadis, Asisten Ahli, dan Camat Uluan. Dalam kata sambutannya Bupati Toba memotivasi para pemuda HKBP agar senantiasa berbuat kebaikan sekecil apa pun di daerah kelahiran mereka, yakni Kabupaten Toba. Ir. Poltak Sitorus juga mengapresiasi kegiatan Youth Gathering ini dan secara khusus memberi hadiah bagi pemuda yang memperoleh prestasi di sekolah masing-masing. Bupati berharap apresiasi yang diberikan ini mampu memotivasi mereka semakin giat lagi menorehkan prestasi di sekolah. (DK-NXC)





Pustaka Digital