Acara Syukuran Awal Tahun HKBP 2020


Masih berketepatan dengan suasana tahun baru 2020, HKBP telah melaksanakan acara syukuran awal tahun yang diadakan pada Jumat (3/1) di Kantor Pusat HKBP, Pearaja, Tarutung. Seluruh pelayan full timer, parhalado, dan jemaat HKBP turut menghadiri acara syukuran awal tahun tersebut. Dengan diterangi terang tema “Reposisi Pekabaran Injil (Ibrani 1:1-3)” yang juga merupakan tema orientasi pelayan HKBP pada tahun 2020 ini.

Acara Syukuran diawali dengan ibadah bersama yang dilayankan oleh tiga praeses HKBP yaitu Pdt Dr Deonal Sinaga (Praeses HKBP Distrik XXI Banten) sebagai liturgis, Pdt Sunggul Sirait STh MM (Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh) sebagai pengkotbah, dan Pdt Bernard Manik STh (Praeses HKBP Distrik XIII Asahan Labuhan Batu) Sebagai Pendoa Syafaat. Dalam khotbahnya Pdt Sunggul Sirait menyampaikan ditengah perayaan sukacita Natal, HKBP bergumul dengan adanya pelarangan Ibadah Natal yang terjadi di HKBP Sungai Tambang di Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat. Dan itu menjadi suatu contoh nyata dari menyanyikan nyanyian Tuhan di negeri asing (Mazmur 137:4) yang merupakan sub tema dari acara syukuran awal tahun HKBP. Beliau juga mengajak seluruh pelayan HKBP agar mampu menyanyikan nyanyian Tuhan di era revolusi industry 4.0 ini. Dan kita harus memaknai setiap momen atau masalah  yang kita hadapi adalah dalam rangka untuk memberitakan injil. Oleh karena itu HKBP tetap eksis sebagai terang dan garam di dunia ini.


Dalam acara ibadah turut juga para undangan memberikan kidung pujian yang diwakilkan oleh R/NHKBP Sabang, Paduan Suara Kantor Pusat HKBP, PPD HKBP Distrik II Silindung, Jemaat HKBP Teladan Medan. Seusai ibadah telah selesai, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang sayembara lagu dan logo orientasi pelayanan HKBP tahun 2020 oleh kepala biro informasi HKBP Pdt Arthur Lumbantobing STh yang dimenangkan oleh Pdt Freska Sinaga STh pemenang cipta lagu orientasi pelanyan HKBP, dan Pdt Dr Ir Fritz Sihombing sebagai pemenang logo orientasi pelayanan HKBP. serta launching logo orientasi pelayanan HKBP tahun 2020 yang dipimpin oleh Ompui Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing.

Kemudian dilanjutkan dengan kata-kata sambutan, pada kesempatan ini para undangan yang merupakan para tokoh masyarakat menyampaikan ucapan selamat kepada HKBP, seperti Bapak JTP Hutabarat (anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara), Kombes Pol (Purn.) Maruli Siahaan, Bapak Ir. H. Soekirman (Bupati Serdang Bedagai), AKBP Horas Silaen (Kapolres Tapanuli Utara) yang mewakilkan bapak Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin. Ir Darwin Siagian (Bupati Toba Samosir) yang mewakilkan  seluruh bupati yang berada di kawasan Tapanuli Raya, Pdt Gomar Gultom MTh (Ketua Umum PGI Periode 2019-2024), Dan juga perwakilan dari Gubernur Sumatera Utara, Acara kata sambutan tersebut ditutup dengan bimbingan pastoral yang disampaikan oleh Ompu i Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing.

Pada kesempatan ini juga para tokoh masyarakat dan jemaat HKBP seperti Ny Sianturi br. Surbakti dan St H W Hutahaean yang sangat berperan dalam kesuksesan acara syukuran awal tahun HKBP di ulosi oleh Pimpinan HKBP. Sebelum dilanjukan dengan acara makan bersama Ompui Ephorus HKBP memberikan kesempatan kepada Ompu i Ephorus emiritus Pdt Dr S.A.E. Nababan sebagai natuatua (pengayom) untuk menyampaikan sepatah dua patah kata.

Melengkapi sukacita syukuran awal tahun HKBP, acara kemudian dilanjutkan dengan makan bersama, dan pengundian ratusan lucky draw yang dipimpin oleh Ompung Boru M br. Siahaan yang dipandu oleh Pdt Dr Dewi Sri Sinaga dan Pdt Toho Sinaga STh. Dan diselingi dengan pemberian tali kasih HKBP kepada Pelayan full timer/keluargadan jemaat HKBP yang membutuhkan disampaikan oleh Pimpinan HKBP. Turut juga R/NHKBP Sabang dan R/NHKBP Banda Aceh mempersembahkan hiburan berupa tarian perpaduan antara budaya Batak dengan budaya Aceh/Sabang sehingga menyempurnakan kemeriahan dan sukacita acara syukuran awal tahun HKBP tahun 2020. // biro informasi - septian napitupulu


























































comments

Leave a Reply