"Minggu XVI Dung Trinitatis
Topik: NDANG MARPANSOHOTAN ASI NI ROHA NI TUHAN I (TAK BERKESUDAHAN KASIH SETIA TUHAN)"

Ev: Andung 3:19-26/Ep: 2 Timoteus 1: 1 - 14

Asosiasi UMKM Sumatera Utara Jalin Kerja Sama Dengan HKBP

Dalam rangka pemberdayaan warga jemaat HKBP untuk menopang ekonomi kerakyatan dan menciptakan wirausaha baru berbasis UMKM menuju era revolusi industri 4.0, Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumatera Utara menjalin kerja sama dengan HKBP melalui penandatangan Nota Kesepahaman (MoU).

Penandatanganan MoU dilaksanakan di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Pearaja Tarutung, Senin (13/12/2021). Pihak HKBP diwakili oleh Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar dan Kadep Diakonia, Pdt. Debora P. Sinaga, MTh. Dari pihak Asosiasi UMKM Sumatera Utara, oleh Ketua Umum DPP Asosiasi UMKM Sumatera Utara, Ujiana Sianturi, Spd.


Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar dalam sambutannya mengapresiasi kerja cepat Biro Pengmas yang dipimpin oleh Pdt. Jonny Sihite, STh, MM, atas upayanya terkait pelaksanaan MoU HKBP dengan Asosiasi UMKM.

Dengan adanya kerja sama antara HKBP dengan Asosiasi UMKM Sumatera Utara, Ephorus berharap semua warga HKBP yang selama bertahun-tahun telah mengembangkan usaha, mendapat peluang yang lebih besar lagi sehingga dapat semakin mandiri dalam menjalankan berbagai usahanya.


Ompu i  Ephorus berterima kasih kepada Ibu Ujiana Sianturi yang telah membantu  aneka usaha warga HKBP sehingga dapat bangkit, bangkit menghadapi kemiskinan yang sangat panjang di Tapanuli Raya. Ini juga akan menyemangati semua kelompok-kelompok, termasuk di Pulau Samosir yang sudah mulai mengembangkan usaha-usaha kecil dan menengah.

Supaya era pariwisata dapat diperkaya oleh produk-produk dari warga kita, termasuk produk halal. Agar seluruh orang yang datang dapat merasa nyaman karena kebutuhan mereka dapat dipenuhi. “Apa yang kita lakukan hari ini akan sangat berguna bagi warga kita di Sumatera Utara, juga bagi warga kita di seluruh negeri. Mari kita bekerja keras”, ajak Ephorus kepada pelaku usaha yang hadir.


Ephorus menyoroti MoU dan PKS yang sering tidak berjalan dengan aksi nyata, tetapi tetap yakin, dengan dibawah komando Pdt. Debora Sinaga, seorang aktivis yang kaya akan pengalaman, saya yakin apa yang dilakukan hari ini akan berbuah berkah.

Di akhir sambutannya, Ephorus berdoa kiranya Tuhan memberkati apa yang dilakukan hari ini. “Biarlah diberitakan apa yang kita lakukan hari ini, sehingga seluruh warga masyarakat HKBP semakin yakin dan sayang terhadap pelayanan HKBP di hari-hari yang akan datang”.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum DPP Asosiasi UMKM, Ujiana Sianturi meminta kesediaan Ephorus untuk menyerahkan sertifikat Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada pelaku usaha yang hadir. Turut hadir pada acara, Praeses HKBP Distrik XXIII Langkat, Pdt. Hercules Sihotang, MTh bersama pelaku usaha dari Distrik Langkat. (P. Sam – B’TIK).


Pustaka Digital