"Manang ise na mangarupa halak na parir, mangaleai Sitompa ibana do; alai manang ise na pasangap Ibana, asi do rohana mida na pogos.

Siapa menindas orang yang lemah, menghina Penciptanya, tetapi siapa menaruh belas kasihan kepada orang miskin, memuliakan Dia."

Poda 14:31

Bangun Tugu Hidup, Yayasan Raja Nabuttu Siagian Topang Pembangunan HKBP Sion Batu Moror

Tergugah atas kunjungan pastoral Ephorus HKBP pada Minggu 17 Oktober 2021 ke HKBP Sion Batu Moror yang sedang berjuang membangun gereja,  Yayasan Raja Nabuttu Siagian memberikan topangan dana Rp 75 juta. 

Topangan ini diberikan  secara simbolis melalui pertemuan virtual melalui aplikasi zoom meeting pada hari Senin, 8 November 2021, antara pengurus Yayasan yang tersebar di Jabodetabek dengan warga jemaat HKBP Sion Batu Moror, yang merupakan salah satu kampung halaman marga Siagian.


“Kami percaya begitu saja. Tidak banyak bertanya, tidak pakai survei. Ini karena diinisiasi oleh Ephorus HKBP,” papar Edward Siagian, Ketua Yayasan Raja Nabuttu.


Pengurus menjelaskan ada 78 orang penopang untuk membantu HKBP Batu Moror yang hanya beranggotakan 25  kepala keluarga. Edward menambahkan, para penopang dana bukan saja berasal dari satu marga dan satu agama, tetapi dari latar belakang yang berbeda-beda.

Mayoritas para penopang  tergerak hatinya karena Ephorus sebagai Pimpinan mau hadir dan melayani di gereja yang belum selesai dibangun.


Sekretaris Khusus Ephorus yang diundang hadir dalam pertemuan virtual itu menjelaskan bahwa tujuan kunjungan pastoral Ephorus kepada gereja yang bergumul baik karena pembangunan, belum mendapatkan izin mendirikan pembangunan atau mendapatkan penolakan masyarakat intoleran adalah untuk menyemangati warga jemaat bahwa mereka tidak sendiri. Tidak hanya itu, kunjungan itu juga bermaksud menggerakkan hati para pemerhati untuk turut serta menanggung beban pergumulan tersebut.

“Gerakan komunitas marga Siagian seperti ini patut diapresiasi dan diteladani. Komunitas ini justru memberi hati untuk membangun tugu hidup, yang adalah manusianya. Dengan pertama-tama membangun gedung gereja sebagai tempat warga Batu Moror bertumbuh kembang di dalam Tuhan,” ujarnya.


Pendeta Resort Pardomuan Nauli, Pdt. Elwin Siregar yang melayani HKBP Sion Batu Moror ini bersama warga jemaat sangat bersyukur dan mengapresiasi topangan yang diharapkan.

“Kami bersyukur kepada Tuhan atas bantuan yang diberikan. Kiranya seluruh anggota Yayasan Raja Nabuttu diberkati oleh Tuhan. Semoga ini adalah bantuan tahap pertama,” ungkapnya. (SKE_JFS)

Pustaka Digital