"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

Berikanlah Sinar Matahari dan Hujan Pada Waktunya

JETUN, hkbp.or.id - Setelah membekali Fungsionaris Gereja se-Distrik Humbang, Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan berdoa bersama pengelola Perkampungan Pemuda Jetun-Silangit, Pdt. Agus Manullang untuk memulai penanaman bibit kentang (22/9/2021).


Ibadah penanaman kentang dipimpin oleh St. Togatorop dari HKBP Siborutorop Resort Paranginan. Dalam doanya, Pdt. Tinambunan memohon kepada Tuhan agar berkenan mencurahkan sinar matahari dan hujan pada waktunya supaya kentang bertumbuh dengan baik.


Bibit kentang yang ditanam didatangkan langsung dari Bandung sebanyak 2 ton atas prakarsa HKBP Distrik Jabartengdiy yang dipimpin oleh Praeses, Pdt. Pahala Sitorus dan HKBP Resort Bandung Riau Martadinata yang dipimpin oleh Pendeta Resort, Pdt. Jason Simanjuntak.


Menurut Pdt. Manullang, kualitas bibit kentang yang ditanam adalah G2 yang berarti generasi kedua dari indukan pertama. Bibit tersebut ditanam di lahan seluas 1 hektare. Hasil dari G2 dapat dibibitkan kembali dan disebut G3, dan demikian seterusnya.


Setelah berdoa dan menanam kentang, Pdt. Tinambunan meninjau kolam-kolam ikan dan memberi makan ikan Lele dan Nila yang sudah berumur lebih 1 bulan. (SKS-NS)

Pustaka Digital