"Dibahen i, ndang marnaloja hami; ai lam tu burukna pe hajolmaonnami parduru i, anggo parbagasan i ariari do dipaimbaru.

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari."

2 Korint 4:16

Bermegah Di Dalam Tuhan


Batam, (13/6), Praeses HKBP Distrik XX Kepulauan Riau, Pendeta Renova Johnny Sitorus, S,Th melayani ibadah di HKBP Aek Nauli Bida Ayu Ressort Aek Nauli Bida Ayu pada pada pukul 09.00 wib. Dalam ibadah minggu ke dua setelah Trinitatis ini, Praeses melayankan 90 pelajar sidi yang meneguhkan Iman Percaya di gerejaNya. Setelah itu dilanjutkan dengan ibadah Perjamuan Kudus kepada jemaat yang sudah lepas sidi (Manghatindanghon Haporseaon). Ibadah berjalan mengikuti protokol kesehatan, menjaga jarak, mencuci tangan, mengunakan masker dan mengukur suhu tubuh.


Dalam khotbah yang tertulis dalam Mazmur 20:1-10, Preases menjelaskan bahwa bermegah dalam Tuhan merupakan sebuah nasehat agar setiap orang percaya menyadari bahwa se-sukses apapun dirinya, itu bukan sematamata karena usahanya sendiri tetapi itu adalah bagian karya Tuhan tanpa seizin Tuhan kita tidak dapat meraih apapun dalam kehidupan kita,

Dia menunjukkan kebaikan dan kasihNya kepada orang yang percaya, Oleh sebab itu tidak patutlah kalau manusia membanggakan dirinya sendiri dan melupakan Tuhan,lalu bertingkah hidup sombong,itu sebabnya kita diingatkan agar bermegah di dalam Tuhan,artinya membanggakan dan mengagungkan nama Tuhan dalam hidup kita,hanya karena pertolonganNyalah kita dapat memenangkan segala pergumulan hidup. sekalipun kita memiliki materi duniawi tetapi hal itu memiliki batas,dengan kata lain apa yang berasal dari duniwai ini tidak selamanya dapat menolong dan menyelamatkan kita .


Demikianlah umat Israel ketika hidup mereka tersesak karena peperangan mereka tidak mau tergantung kepada kekuatan dunia,tetapi mereka selalu mengandalkan Tuhan, melaui doanya mereka mendoakan pemimpinnya agar Tuhan berkenan menolong mereka,karena PertolonganNya melampaui kekuatan dunia. Demikianlah saat ini kita juga harus menyadari bahwa kita sedang diperhadapkan dengan berbagai persoalan hidup,mengandalkan Tuhan adalah solusinya agar kita dapat memenangkan setiap pergumulan sehingga kita dapat bermegah didalam Tuhan.  


Seusai ibadah, Praeses, pahalado dan jemaat yang menyaksikan iman berfoto bersama sebagai dokumentasi dari kegiatan hari ini. Kiranya para jemaat Tuhan yang telah menyaksikan iman pada hari ini menjadi saksi-saksi Kristus yang bermegah dalam Tuhan. Tuhan memberkati seluruh umatNya. (JLS)


Pustaka Digital