"Arga do hamu ditobus; unang ma olo hamu parhatobanon ni jolma!

Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia."

1 Korint 7:23

Bersama Sekolah Tinggi Bibelvrouw HKBP Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 & Menuju Ending AIDS 2030

Laguboti, 08 Februari 2022 Departemen Diakonia HKBP melalui HKBP AIDS Ministry (HAM) mengadakan sosialisasi dengan dua tema: Pencegahan Covid-19 dan Kesehatan Reproduksi & HIV AIDS. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Sekolah Tinggi Bibelvrouw (STB HKBP). Adapun pesertanya berjumlah 78 orang mahasiswa, didampingi oleh empat orang dosen dan ibu asrama. Sosialisasi ini, diawali dengan ibadah pembuka yang dipimpin oleh mahasiswa, kemudian dibuka oleh ketua STB (Pdt. Dr. Benni Sinaga).


Dilanjutkan dengan penyampaian sesi pertama oleh dr. Tihar Hasibuan, MARS (Ketua HAM) dengan tema “Pencegahan Penularan Covid-19.” Melihat bahwa saat ini telah muncul varian baru dan kemungkinan seiring berjalannya waktu, virus ini akan terus bermutasi. Padahal, sudah banyak masyarakat yang tidak patuh protokol kesehatan lagi, masih ada yang tidak percaya adanya Covid-19 dan bahkan banyak tidak mau divaksin. Pada sesi ini, beliau mengajak seluruh civitas akademika STB HKBP untuk tetap menerapkan protokol kesehatan serta menjadi informator pencegahan Covid-19 kepada jemaat dan masyarakat.



Kemudian, dilanjutkan dengan sesi kedua yang dibawakan oleh Diak. Berlina Sibagariang (Sekretaris Eksekutif HAM) dengan tema “Kesehatan Reproduksi dan HIV AIDS.” Pada awal sesi ini, peserta diajak untuk menyanyikan sebuah lagu yang dapat dajarkan kepada anak-anak sekolah minggu untuk menjaga tubuh mereka, sehingga terhindar dari pelecehan seksual. Beliau mengajak peserta supaya dapat menjaga kesehatan tubuh dan reproduksi mereka masing-masing, juga menjadi informator kepada sekolah minggu dan jemaat. Kemudian, ia menjelaskan tentang HIV AIDS yang memiliki hubungan erat dengan kesehatan reproduksi.



Setelah kedua sesi berlangsung, HAM menyerahkan tiga buah buku yang berjudul “ODHA Bukan Akhir Segalanya” dan beberapa brosur kepada STB HKBP yang dapat menjadi referensi di perpustakaan mereka. Selain itu, diserahkan juga stand banner tentang Pencegahan Penularan Covid. Kemudian STB juga memberikan cinderamata kepada kedua narasumber. Sosialisasi ditutup dengan ibadah dan foto bersama.

HKBP menjadi berkat bagi dunia


Pustaka Digital