"Pesta Parningotan Ari Hananaek Ni Tuhan Jesus
Topik: Gabe Sitindangi Ni Kristus Tu Sandok Portibi On (Menjadi Saksi Kristus Sampai ke Ujung Bumi)"

Ev: Ulaon ni Apostel 1:6-11/Ep: Psalmen 68:8-19

DELI SERDANG – Acara Syukuran Tahun Baru 2022

HKBP Distrik XXIX Deli Serdang adakan acara syukuran tahun baru yang dirangkai dengan Pelantikan Pengurus Tanggap Bencana Distrik (TABE), Pengurus Ama Distrik (PAD), Pengurus Lansia Distrik (PLD), Panitia Tahun Kesehatian Distrik, dan launching Tahun Kesehatian, pada hari Selasa (18/1/2022) di HKBP Resort Lubuk Pakam yang berlangsung dengan penuh sukacita.


Kebaktian diadakan pada pukul 10.00 WIB. Sebelum kebaktian, jemaat menyambut barisan prosesi Praeses Distrik XXIX Deli Serdang – Pdt Horas Y.M Purba, MTh; Praeses HKBP Distrik XXXI Medan Utara – Pdt. Suwandi Sinambela, STh, MPsi; Praeses HKBP Distrik XXIII Binjai Langkat - Pdt. Hercules Sihotang, MTh; Praeses Tanah Jawa : Pdt. Gading Simamora MTh, Sekretaris KRP – Pdt. Guntur Simanjuntak, MTh; Ketua Panitia tahun Kesehatian - Edward Malau, Pelayan Full Timer se-Distrik, dan Panitia Bona Taon.



Ibadah dilayani liturgis: Kabid Diakonia Pdt. Junarsah Siahaan, STh. Pembawa doa syafaat: Parhalado HKBP Lubuk Pakam St. J. Manalu. Ibadah tersebut diisi dengan koor Gabungan Parompuan HKBP Lubuk Pakam dan Keluarga Pangula Na Gok Tingki.

Kebaktian Syukuran Tahun Baru Distrik mengambil tema sesuai dengan tema Tahun Kesehatian HKBP “Sehati, Sepikir dalam Satu Kasih, Satu Jiwa dan Satu Tujuan (Filipi 2:2)” dan subtema “Mewujudkan Kesehatian dan Kesetiakawanan bagi Gereja, Masyarakat dan Bangsa”.



Dalam khotbah dari Filipi 2:2, Pdt. Suwandi Sinambela, STh, MPsi mengatakan bahwa dalam membangun suatu persekutuan, modal utama adalah kebersamaan. Finansial dan materi tidak menjamin suatu persekutuan yang erat. Materi yang melimpah tidak menjamin persekutuan, tetapi satu yang pasti: sehati sepikir pasti membuat persekutuan semakin kuat. Dengan sehati sepikirlah yang membuat kita semakin bersatu untuk membuat tujuan tercapai. Di nats ini, ada dua hal yang yang hendak dikatakan oleh Paulus kepada jemaat Filipi, pertama: Ada tantangan dari luar yang dihadapi jemaat Filipi yaitu penganiayaan (dapat kita lihat di Filipi 1: 18-30). Jadi, Paulus menginginkan supaya jemaat tersebut saling menopang, saling membantu, dan bahkan berjabat tangan untuk menunjukkan kekuatan yang luar biasa dalam menghadapi tantangan yang datang dari luar. Kedua: Paulus menginginkan dan berpikir bahwa tantangan bukan hanya datang dari luar. Tetapi Paulus juga berpikir bahwa tantangan datang dari intern diri gereja itu sendiri, dan dari jemaat itu sendiri. Bahkan boleh kita sebut bahwa gereja sebenarnya tidak terlepas dari perselisihan. Itulah yang dilihat Paulus untuk menghadapi tantangan-tantangan dari luar, dan untuk memperat hubungan antar jemaat, mereka harus benar-benar serius dalam menjalani kehidupan pelayanan. Sebagaimana yang diinginkan Paulus, mereka harus sehati sepikir mewujudkan kebersamaan yang luar biasa. Dapat kita lihat dalam Filipi 4:2. Konteks jemaat sekarang ini harus kita akui, bahwa masih ada yang tidak sehati sepikir antara satu sama lain. Tanpa kita pungkiri bahwa maraknya hidup individual, egoistis, dan perbedaan pola pikir, dapat mengakibatkan kita tidak saling menyapa satu dengan yang lain karena merasa diri paling hebat, kuat sehingga tidak membutuhkan orang lain. Karena itu, marilah kita sehati sepikir melalui kerendahan hati, dengan cara melayani bukan untuk dilayani, mendahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingan sendiri, dan kasih harus diwujudkan di tengah-tengah keluarga dan persekutuan. Kiranya Panitia Tahun Kesehatian bekerja dengan sehati sepikir dalam satu kasih, satu jiwa dan satu tujuan, agar segala program yang sudah dibentuk distrik untuk kegiatan Tahun Kesehatian dapat berjalan dengan baik.

Seusai khotbah, Praeses HKBP Distrik XXIX Deli Serdang Pdt. Horas Y.M Purba, MTh melantik Pengurus Tanggap Bencana Distrik (TABE), Pengurus Ama Distrik (PAD), Pengurus Lansia Distrik (PLD), dan Panitia Tahun Kesehatian Distrik. Surat Keputusan (SK) dibacakan oleh Sekretaris Distrik Pdt. Elfrida Lindawaty.


Rangkaian perayaan syukuran awal tahun baru dipandu oleh Ibu Hotnida br. Tambunan di halaman gereja HKBP Lubuk Pakam. Praeses HKBP Distrik XXIX Deli Serdang turut adakan launching logo Tahun Kesehatian HKBP dan pemaparan program unggulan Tahun Kesehatian HKBP Distrik XXIX Deli Serdang, diantaranya: 1. Mewujudkan Kantor, Rumah Dinas dan fasilitas Distrik dengan melihat video Masterplan yang dipaparkan oleh Bapak St. Ir. B.P Sinaga; 2. Pemberdayaan/lokakarya Pelayan, Parhalado, dan seluruh Kategorial satu dalam missi; 3. Kesehatian mensukseskan Sentralisasi Keuangan HKBP; 4. Pesta Puncak Tahun Kesehatian dan Ulang tahun ke-7 lahirnya HKBP Distrik XXIX Deli Serdang, serta launching barcode rekening Panitia Tahun Kesehatian.


Turut memberikan kata sambutan ucapan selamat tahun baru dan selamat launching program Tahun Kesehatian Distrik, disampaikan oleh: Ketua Pelaksana Panitia: Bpk. St. S. Simbolon; Mewakili Jemaat: Bpk. St. Ir. Bangun Hutapea (Res. Serdang); Mewakili Pelayan Penuh Waktu: Bpk. Pdt. Darman Marpaung, STh; Mewakili Undangan/tokoh sekaligus anggota MPS HKBP: Bpk Sabam Manalu, SE; DPD Sumut: Bpk Pdt. Dr (Hc) W.T.P Simarmata, MA; Mewakili Muspida/Bupati Deli Serdang: Drs. Haris Binsar Ginting (Linmas Kesbang); FKUB: Bpk. H. Waluyo; Tokoh Masyarakat: Kombes Pol. (Purn) Dr. Maruli Siahaan; Bimbingan Pastoral dari Praeses HKBP Distrik XXIX Deli Serdang. Seluruh pemberi kata sambutan menyambut program unggulan tahun kesehatian distrik, menopang proses pembangunan rumah, kantor HKBP Deli Serdang, spontan tanpa diprogramkan mencari dana tamu, undangan memberikan bantuan spontanitas berupa uang, dan bahan materi bangunan sebagai langkah awal mendukung panitia Tahun Kesehatian yang telah dilantik. Semoga pada tahun 2022 ini, semua dapat diwujudkan dengan umur distrik ke-7 yang akan dirayakan pada bulan November 2022.

Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata Ulos sebagai tanda ucapan terimakasih atas kehadirannya kepada: Bpk Sabam Manalu, SE; Bpk Pdt. Dr (Hc) W.T.P Simarmata, MA; Drs. Haris Binsar Ginting; Bpk. Waluyo; Kombes Pol. (Purn) Dr. Maruli Siahaan; Kapolresta, Deli Serdang; Dandim Deli Serdang; Kepala Pengadilan Negeri Deli Serdang, St. Ir. B.P Sinaga; Kemenag Bimas Kristen Kab Deli Serdang; Pdt. Suwandi Sinambela, Pdt. Hercules Sihotang, Pdt. Gading Simamora, Pdt. Tampak Hutagaol, dan Pdt. Guntur Simanjuntak. Pada akhir acara, seluruh tamu dan undangan foto bersama Praeses HKBP Distrik XXIX Deli Serdang Pdt. Horas Y.M Purba, MTh dan Panitia.


Pustaka Digital