"Molo ingkon mamujimuji ahu, angka hagaleonki ma hupapujipuji.

Jika aku harus bermegah, maka aku akan bermegah atas kelemahanku."

2 Korint. 11:30

Departemen Diakonia HKBP Belajar Pembuatan Proposal

Pematangsiantar, 2/7/2021

 

Staff Departemen Diakonia HKBP menerima pelatihan pembuatan proposal dari Ms. Terri Lym Smith dan Irma Riana Simanjuntak, S.Th

Kantor United Evangelical Misson (UEM) di Panti Asuhan Elim HKBP, Pematangsiantar, Prov. Sumatera Utara dimulai pukul 10:00 - 16:00 WIB.

Pemberdayaan di buka dengan ibadah singkat yang dibawakan oleh Diak. Milana Damanik kemudian dilanjutkan kata sambutan yang disampaikan oleh Ibu Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th yang mengajak seluruh peserta untuk serius dikesempatan mendapatkan pelatihan pembuatan proposal dari UEM untuk membantu dalam mencari dana program.


Adapun jumlah peserta yang turut dilatih orang  28 orang dari jajaran Departemen Diakonia HKBP. Kepala Biro Diakoni Sosial, Pdt. Osten Matondang, utusan staff dari unit pelayanan di Panti Asuhan Elim, Panti Karya Hephata, Pelatihan Kerja Anak Jalanan, Lembaga Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (LPABK) Permata Diakonia. Utusan staff Biro Pengembangan Masyarakat, Utusan Pemuda Kreatif, Staff dari Radio Suara Diakoni, HKBP AIDS Ministry,  Unit Usaha Departemen Diakonia dan Staff Kantor Departemen Diakonia.

Lewat pemaparan dari kedua narasumber menyampaikan inti pembuatan proposal berangkat dari adanya dampak kegiatan bagi banyak orang dan dapat berkelanjutan. Oleh karena itu dalam isi proposal harus dijelaskan lebih diteil, inovatif serta memiliki alasan yang kuat. Demikian juga jika dapat melibatkan agama lain.

Setelah mendapatkan pelatihan, peserta dibagi tiga kelompok untuk berlatih membuat proposal yang diantaranya terkait Pelayanan di Panti yang Kreatif dan Mandiri, Proposal untuk Pelayanan Kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Proposal Pengembangan Anggur Perjamuan Kudus HKBP dan Marketing Online Diakonia.

Setelah Acara selesai Kepala Departemen Diakonia menyampaikan terimakasih kepada dua narasumber dari UEM dan memberikan apresiasi Wine Diakonia yang menjadi salah satu produk usaha andalan Departemen Diakonia HKBP. Setelah Kegiatan selesai kembali ditutup dengan doa yang dibawakan oleh Diak. Quartini Situmorang, S.Psi, M.Psi, Psikolog. (SKD-DAT)


Pustaka Digital