Departemen Koinonia HKBP Sukses Laksanakan Konferensi Naposobulung HKBP Tahun 2020 di Seminarium Sipoholon


HKBP sebagai wadah persekutuan Orang percaya dan perwujudan tubuh Kristus di dunia ini terpanggil untuk melaksanakan tiga tugas panggilan gereja (Persekutuan, bersaksi dan melayani). Para naposobulung HKBP  juga dituntut untuk mewujudkan pelaksanaan tugas tersebut dengan senantiasa mempersiapkan kemampuan dan tata pelayanan bagi mereka. 

Generasi muda sekarang yang disebut dengan generasi millennial diharapkan mampu menjadi pemuda yang cekatan, cepat, tepat, dan fasih IT. Mereka hadir dalam tren generasi millenial pada era Industri 4.0, era yang penuh dengan kompetisi dalam kehidupannya. Itu sebabnya, gereja harus memberi ruang yang lebih luas kepada pemuda agar mereka membangun cara beriman mereka yang dinamis di era digital.

Gereja harus hadir kepada pemuda untuk membentuk karakter dan kepribadian mereka saat  menghadapi tren kehidupan yang dialaminya. Disamping itu, gereja turut mengenalkan persekutuan yang diterjemahkan sesuai dengan zaman digital ini. Konferensi Naposobulung diharapkan menjadi satu wadah bagi generasi muda HKBP untuk mempersiapkan HKBP di tangan mereka secara estafet.


Hadirnya wabah virus Corona dan menjadi pandemi dunia dengan sebutan Covid-19 turut menjadi tantangan dalam pelayanan Huria. Darurat masa Covid-19 yang dialami di Indonesia bahkan di seluruh dunia, mengakibatkan pelayanan gereja harus mengalami transformasi untuk menjawab tantangan zaman, sehingga Firman Tuhan yang hidup tetap menjadi berita sukacita kehidupan. Hal itu juga yang melatarbelakangi konferensi Naposobulung berlangsung saat ini, yang seyogyanya dilaksanakan pada bulan Juli 2020.

Konferensi Naposobulung HKBP 2020 berlangsung pada tanggal 17-19 November 2020 di seminarium Sipoholon. Panitia dengan serius mengindahkan anjuran team gugus tugas, sebelum kegiatan dan setiap sessi ruangan terlebih dahulu di semprot dengan cairan disinfektan serta memfasilitasi tempat pembasuhan tangan di setiap pintu masuk ruangan. Para peserta juga terlebih dahulu menunjukkan surah hasil pemeriksaan Kesehatan kepada panitia sebelum melakukan registrasi dan bahkan team gugus tugas setempat turun langsung meninjau tempat dan keadaan selama berlangsungnya koferensi tersebut.


Perjalanan Konferensi Naposobulung HKBP berjalan dengan baik, diskusi yang membangun dan sessi-sessi yang bertujuan untuk menempah juga membangun para naposobulung berlangsung di pertemuan itu hingga sampai akhirnya berlangsung pemilihan ketua dan sekretaris konferensi Naposobulung HKBP periode 2020-2024.

Pemilihan diawali dengan pencalonan nama (balon) yang dilaksanakan dengan sistim setiap distrik mencalonkan satu nama untuk pencalonan, hal itu dilaksanakan secara pemilihan sekaligus (ketua dan sekretaris). Dari penseleksian dapatlah hasil bahwa yang menjadi Calon ketua adalah Rovaldo Aritonang mendapatkan suara 13, Frans Sitorus 9 Suara, sastra Simanullang 1 suara dan Yosep Saragih 1 suara. Calon sekretaris adalah Cici Manalu 2 suara, Junita Silalahi/Nita            9 suara, Rafael 3 suara, Martin sitorus 8 suara, Lia Manik 1 suara, Rina Simanjuntak 1 suara.


Berdasarkan pemilihan balon itu terpilihlah calon untuk dipilih, dan hasil dari pemilihan itu terpilihlah pengurus yang baru dengan hasil pemilihan : Rovaldo Aritonang 40 suara, Frans Sitorus 28 suara dan 1 suara batal, serta sekretaris : Junita Silalahi 29 suara, Martin Sitorus 26 suara, Rafael Simanjuntak 8 suara dan cici Manalu 6 suara. Maka ketua Konferesnsi 2020-2024 adalah Rovaldo Aritonang dan Sekretasinya adalah Junita Silalahi.

Proses pemilihan berlangsung dengan sangat kondusif dan disaksikan secara langsung oleh bapak Kepala Biro Sekolah Minggu-Remaja dan Naposobulung (SMIRNA) dan Kepala Departemen Koinonia HKBP, serta usai pemilihan dan mendapat hasil kegiatan diakhiri dengan ibadah malam yang dipimpin oleh Pdt. Reonald Ch. Hutabarat, S.Th.

Pada hari kamis (19/11), kegiatan diakhiri dengan peribadahan dan ketua-sekretaris dilantik didalam peribadahan. Ibadah Penutupan dipimpin oleh Pdt. Darwin Sihombing, serta liturgis dibawakan oleh Pdt. Togu Nababan dan doa syafaat dibawakan oleh salas seorang dari Naposobulung Distrik IV Toba. Ompu i Ephorus HKBP melantik  Rovaldo Aritonang dan Junita Silalahi menjadi pengurus Naposobulung Hatopan Huria Kristen Batak Protestan periode 2020-2024 di dalam nama Allah Bapa, AnakNya Yesus Kristus dan nama Roh Kudus. Amin


Terimakasih buat segala pengurus Pemuda distrik dan para sahabat naposobulung HKBP, bersamalah kita membenahi kekerabatan juga kebersamaan diantara naposobulung agar melalui kita semakin nyata kasih Kristus ditengah-tengah gereja dan dunia melalui pelayanan kita, tutur Rovaldo Aritonang dalam sepatahkata yang disampaikan.

Selamat memikul tanggungjawab yang harus dilaksanakan sebagai seorang ketua juga pengurus Naposobulung diperikop hatopan, tetaplah menjalin Kerjasama dan hubungan yang baik dengan semua naposobulung distrik. Tuhan Yesus Kristus lah kiranya yang menemani para pengurus terpilih dalam melaksanakan pelayanannya, begitujuga dengan pengurus di distrik-distrik. Tetap solid di motto kita bersama di dalam Naposobulung “masitangiangan-masiurupan-masihaposan, tutup bapak Kepala Departemen Koinonia HKBP.


comments